Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kapolri dan Ma’ruf Amin Bahas Pemikiran Ekstrim di Banten

NavigasiNews – Kapolri Jenderal Tito Karnavian bertemu dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin di Banten. Tito diagendakan akan mengisi dialog kebangsaan bersama KH Ma’ruf, yang juga Rais Am PBNU.

Tito tiba di lokasi acara di Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Rabu (8/2/2017), bersama beberapa jajarannya, seperti Assarpras Kapolri Irjen Eko Hadi Sutedjo, Sahlijemen Kapolri Irjen Arief Sulistiyanto, dan Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo.

“PBNU menyelenggarakan silaturahim dan dialog kebangsaan Rais Am PBNU dan Kapolri bersama alim ulama dan pengurus NU se-Banten,” kata Katib Syuriah PBNU Asrorun Niam Sholeh.

Kapolda Banten Brigjen Sigit menyambut baik adanya silaturahmi dan dialog kebangsaan antara kepolisian bersama ulama dan pengurus NU se-Banten tersebut. Apalagi provinsi ini menjadi salah satu acuan dan barometer, khususnya terkait dengan Islam, di tengah masyarakat.

“Intinya, di situ kita akan berbincang membahas dialog kebangsaan sekitar kebinekaan. Apalagi di tengah situasi konstelasi di masyarakat yang tentunya perlu ada pencerahan-pencerahan yang dijadikan pegangan di masyarakat,” kata Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan di Serang, Selasa (7/2).

Tito dalam sambutannya berpesan agar umat Islam terlibat aktif menjaga persatuan NKRI. Karena itu NU menurutnya harus eksis berperan menjaga NKRI bersama Polri, TNI dan semua pihak.

NU diharapkan ikut serta menangkal upaya memecah belah masyarakat yang juga dilakukan penyebaran kabar bohong (hoax).

Sementara itu Ma’ruf amin mengatakan NU sebagai wadah para ulama punya tanggung jawab besar untuk keumatan dan kebangsaan. Tugas ini tidak hanya dikerjakan di dalam pesantren, tapi juga dilakukan di tengah masyarakat.

“Dalam upaya kita melindungi umat, kita tetap melakukan cara santun, tidak keras, tidak galak. Dengan sukarela mengajak orang, tidak memaksa, dan tanpa intimidasi dan ancaman, dan tidak ego dan fanatik,” imbuhnya

Be the first to comment on "Kapolri dan Ma’ruf Amin Bahas Pemikiran Ekstrim di Banten"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*