Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Darmin : Bangun Infrastruktur Tidak Selalu Harus Ngutang

NavigasiNews – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution hari ini hadir menjadi pembicara dalam acara Mandiri Investment Forum 2017 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Rabu (8/2/2017). Dalam kesempatan ini, ia menjelaskan bagaimana peranan infrastruktur dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Mengenai biaya pembangunan infrastruktur, kata Darmin, tidak melulu harus bersumber dari utang. Menurutnya, selain dari APBN dan BUMN, pembangunan infrastruktur juga bisa dilakukan dengan mengundang investor untuk masuk.

Investor tersebut juga bisa menjalin kerja sama dengan swasta maupun BUMN. Bahkan juga dengan pemerintah yang disebut Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Gini, kalau yang namanya membangun infrastruktur itu enggak harus ngutang, mengundang investor saja sekalian. Soalnya bisa langsung investasi sendiri, bisa kerja sama swasta bisa dengan BUMN,” ujar Darmin.

Darmin mencontohkan, skema KPBU yang sudah dilakukan pemerintah dan pihak swasta adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Jawa Timur.

“Waktu investasi untuk air minum Umbulan di Jawa Timur itu kerja sama pemerintah dan swasta. Jangan selalu melihat infrastruktur akan nambahin utang,” kata Darmin.

Be the first to comment on "Darmin : Bangun Infrastruktur Tidak Selalu Harus Ngutang"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*