Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

IMF : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi di Antara Pasar Negara Berkembang

NavigasiNews – International Monetary Fund(IMF) dalam hasil asesmennya, menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5% pada 2016 merupakan yang tertinggi di antara pasar-pasar negara berkembang.

“Indonesia berhasil menjaga stabilitas makro ekonomi dan menyesuaikan diri dengan baik atas perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal,” demikian laporan yang melibatkan Dewan Eksekutif IMF.

Berbagai kebijakan ekonomi dan reformasi struktural yang diterapkan secara bersamaan, ungkap IMF, telah membantu Indonesia bertahan dari berbagai tantangan seperti turunnya harga komoditas dunia, lambatnya pertumbuhan global dan gejolak keuangan yang berpengaruh kepada negara-negara berkembang

Konsumsi masyarakat yang terus meningkat menjadi faktor pendorong utama lainnya dalam mencapai pertumbuhan kali ini. “Faktor tersebut tidak terlepas dari meningkatnya masyarakat kelas menengah, harga bahan bakar yang rendah serta penurunan inflasi,” lanjut laporan tersebut.

Namun, pemerintah tidak bisa terus-menerus mengandalkan daya beli masyarakat sebagai pendongkrak kinerja. Fokus pada investasi di dalam negeri untuk mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan di masa mendatang harus dilakukan guna memenuhi target-target yang dicanangkan.

“Pemerintah sedianya telah mulai mengimplementasikan reformasi kebijakan untuk meingkatkan iklim investasi dan mendorong pertumbuhan, seperti pembangunan infrastruktur, memangkas berbagai peraturan-peraturan yang menyulitkan dan membuka area-area baru sebagai titik investasi,” ucap laporan tersebut.

Di samping itu, strategi meningkatkan pendapatan melalui program amnesti pajak juga dinilai menjadi salah satu langkah jitu, dimana basis pajak menjadi lebih besar dan pendapatan negara dapat terdorong.

Dalam jangka pendek, IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berjalan baik. Pada 2017, pertumbuhan diperkirakan naik tipis menjadi 5,1%.

“Peningkatan itu didorong oleh investasi swasta, suku bunga rendah, dan menguatnya harga komoditas yang memulihkan kondisi perdagangan global.”

Be the first to comment on "IMF : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi di Antara Pasar Negara Berkembang"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*