Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Proyek Pembangunan Senilai Rp 93,81 T Dalam Tahap Konstruksi

NavigasiNews – Bappenas menyatakan ada 12 proyek kerjasama Pemerintah-Swasta atau public-private partnership (PPP) yang sedang dikerjakan atau tahap konstruksi tahun ini senilai Rp 93,81 triliun. Angka tersebut meningkat dari tahun 2016 sebanyak 7 proyek konstruksi Rp 86,61 triliun.

“Iya tahun ini sudah 12 proyek underconstruction. Jadi kita optimis paling tidak karena sudah mulai ke depannya kita lebih mudah menarik investor dalam dan luar negeri untuk ikut berkompetisi kita memperluas juga basis investornya,” ujar Kepala Bappenas, Bambang Brodjo Negoro di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017).

Dari 12 proyek tersebut paling banyak berada di sektor hard infrastructures seperti energi, pembangkit listrik dan transportasi. Serta proyek infrastruktur sosial seperti rumah sakit, komplek olah raga dan lainnya.

“Paling banyak infrastruktur tetapi sekarang tidak hanya hard infrastructure. Tetapi juga infrastructure sosial, misalnya RS ada yang dibangun dengan skema PPP dan juga ada kompleks olah raga dan sport center. Jadi variasinya tidak hanya pembangkit listrik dan jalan tol, tetapi sudah ada yang lain-lain,” ujarnya.

Pembangunan infrastruktur ini tersebar di beberapa daerah, misalnya di Jawa Timur proyek Umbulan, Medan proyek rumah sakit, dan lainnya. Beberapa proyek yang telah jalan ada yang telah diinisiasi lembaga, Kementerian, dan Pemda.

“Yang kita ingin dorong adalah inisiasi pemda. Pemda yang sudah adalah Jawa Timur dengan Umbulan. Sekarang di pipeline ada beberapa. Medan untuk RS misalkan, Papua lagi mikir untuk call center jadi kita sedang dorong inisiatif daerah untuk ikut PPP,” ujarnya.

Be the first to comment on "Proyek Pembangunan Senilai Rp 93,81 T Dalam Tahap Konstruksi"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*