Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Penerimaan Pajak Nasional Bulan Januari Mencapai Rp 70 T

NavigasiNews – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan pajak sepanjang Januari 2017 yang sudah masuk ke ‘kantong’ negara sebesar Rp70 triliun.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan DJP, Yon Arsal mengatakan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu maka capaian ini lebih tinggi,

“Sekitar Rp70 triliun, persisnya Rp69,9 triliun. Tahun lalu Rp66 triliun. Kalau tahun lalu pertumbuhan Januari negatif, sekarang positif,” kata Yon ditemui di Kemenkeu, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan angka tersebut terdiri dari pajak migas sebesar Rp4 triliun dan pajak nonmigas sebesar Rp66 triliun. Yon menambahkan capaian kali ini banyak dibantu dari Pajak Pendapatan (PPh).

“Migas tumbuh. Januari tahun lalu sekitar Rp2 triliun, sekarang sudah Rp4 triliun. Jadi migasnya nambah Rp2 triliun. Hampir semua PPh naik,” ujar dia.

Untuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Yon menyatakan, masih belum tercatat karena restitusi pajak atau pengembalian kelebihan pajak awal tahun ini masih tinggi. Yon bilang restitusi kali ini langsung dibayarkan, tak seperti tahun lalu yang ditahan-tahan.

“Karena tahun lalu kan kami tahan-tahan, sekarang kan gak ada yang ditahan, kalau keluar keluar saja, karena memang ada restitusi besar yang jatuh tempo di Januari. Kalau enggak salah ada satu putusan pengadilan dan lebih besar,” jelas dia.

Be the first to comment on "Penerimaan Pajak Nasional Bulan Januari Mencapai Rp 70 T"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*