Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

APINDO: Ekonomi Global Tidak Menentu, Saatnya Benahi Pasar Domestik

NavigasiNews – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan perekonomian Indonesia masih dihantui berbagai tantangan yang datang dari perekonomian global. Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyebut, beberapa isu perekonomian global antara lain berasal dari kebijakan pemerintahan baru AS di bawah Presiden Donald Trump. Selain itu, ada pula ketidakpastian terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Oleh sebab itu, perkumpulan pengusaha tersebut menekankan pentingnya pembenahan pasar di dalam negeri.

“Kami melihat saat ini momentum yang tepat untuk membenahi pasar domestik kita,” kata Hariyadi di Kantor Pusat Apindo Jakarta, Jumat (3/2/2017). Menurut Hariyadi, sebagian besar pertumbuhan ekonomi Indonesia bersumber dari kegiatan konsumsi di dalam negeri. Oleh karena itu, ketika perekonomian global sedang menghadapi beragam tantangan, maka ada baiknya jika konsumsi dalam negeri digenjot.

Selain itu, jikalau Indonesia ingin memperluas pertumbuhan ekonomi dengan mengekspor, maka hal yang lebih baik dilakukan adalah melirik negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

“Kita harus serius garap pasar ASEAN dan domestik. Jadi, pasar ASEAN itu lebih mudah dijangkau dari Indonesia,” jelas Hariyadi.

Dampak Kebijakan AS

Pada kesempatan yang sama, Ketua Apindo bidang Hubungan Internasional dan Investasi Shinta Widjaja Kamdani menuturkan, beberapa isu yang dihadapi perekonomian global antara lain masalah di AS dan terkait janji kampanye Trump yang kemungkinan akan diaplikasikan dalam bentuk kebijakan.

Namun demikian, dampak kebijakan AS terhadap Indonesia dinilai tak terlalu besar. Yang harus diperhatikan, kata Shinta, adalah dampak kebijakan AS terhadap China.

Pasalnya, apabila kebijakan Trump memukul China, maka Indonesia yang memiliki hubungan perdagangan besar dengan China akan terdampak pula.

“Hubungan Indonesia dan China kuat, jadi kalau ada impor turun dari China, Indonesia akan terdampak. AS adalah importir terbesar dunia, 2,9 triliun dollar AS, ini akan berimbas,” tutur Shinta.

Be the first to comment on "APINDO: Ekonomi Global Tidak Menentu, Saatnya Benahi Pasar Domestik"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*