Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemenaker Tinkatkan Pelayanan TKI Dan TKA

NavigasiNews – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) saat ini tengah fokus dalam program prioritas untuk membasmi atau memberantas kemiskinan di Tanah Air. Salah satunya dengan penciptaan lapangan kerja.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhaikiri mengatakan penciptaan lapangan kerja yang produktif dan remuneratif dangat diperlukan.

“Selain itu, juga harus didukung dengan iklim ketenagakerjaan yang kondusif dan pelayanan ketenagakerjaan yang handal, efektif dan efisien,” ungkanya di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menurutnya, pada tahun 2017 ini juga diprioritaskan pada peningkatan kualitas pendampingan dan pembinaan terhadap Serikat Pekerja/Buruh, pengkajian yang mendalam mengenai struktur dan skala upah yang dapat benar-benar diterima oleh unsur buruh maupun pengusaha, serta perhatian yang sungguh-sungguh terhadap penyelesaian sengketa antara pihak buruh dan perusahaan.

Dari sisi pengawasan, diperlukan sistem pengawasan ketenagakerjaan yang terpadu, khususnya pada isu-isu keselamatan dan kesehatan kerja, penarikan pekerja anak, pengawasan terhadap tenaga kerja asing, dan penerapan norma ketenagakerjaan di perusahaan.

Sedangkan pelayanan ketenagakerjaan yang handal, efektif dan efisien ditekankan pada peningkatan kualitas Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA), penggunaan teknologi dalam melakukan pemantauan mulai dari pelayanan pra keberangkatan hingga proses pemulangan tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri.

“Perbaikan SOP sistem pelayanan TKI dan TKA untuk menghindari terjadinya pungutan liar, serta simplifikasi dan perbaikan regulasi yang bermasalah juga akan lebih kita awasi,” jelasnya.

Be the first to comment on "Kemenaker Tinkatkan Pelayanan TKI Dan TKA"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*