Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Genjot Sektor Pariwisata, Purwakarta Butuh Hotel Baru

NavigasiNews – Pemkab Purwakarta tahun ini tengah fokus membangun citra pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Penginapan yang memadai kini akan segera dibangun.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Pemkab Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, pihaknya saat ini tengah gencar mempromosikan potensi pariwisata sehingga berbagai fasilitas pendukung pun harus dipersiapkan.

“Kemarin sudah ada pembicaraan dengan Pak Bupati. Purwakarta siap untuk menerima investor terutama untuk hotel berbintang,” kata Heri kepada detikcom, Selasa (31/1/2017).

Heri mengatakan, tren kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta terus meningkat terlebih setelah adanya Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di kawasan wisata Situ Buleud. “Setiap weekend hotel berbintang sampai kelas melati itu penuh,” katanya.

Alhasil, lanjut Heri, wisatawan pun memilih menginap di daerah terdekat seperti Kota Bandung dan Kabupaten Karawang. “Jadi Pak Bupati memberikan kelonggaran untuk investor membangun hotel di Purwakarta,” kata Heri.

Saat ini hanya terdapat dua hotel berbintang yang semuanya berada di Kecamatan Bungursari. Meski cukup jauh dari pusat kota namun tempat tersebut cukup strategis karena mudah dijangkau melalui gerbang tol Sadang dan gerbang tol Cikopo. Sementara di daerah kota dan daerah wisata lain hanya terdapat penginapan, resort, dan hotel-hotel kelas melati.

“Semua hotel bintang sampai kelas melati itu selalu jadi primadona, dan penuh semua setiap weekend,” ucapnya.

Lebih lanjut Heri mengatakan, melihat tren tersebut setidaknya di Kabupaten Purwakarta masih memerlukan dua atau tiga hotel berbintang.

“Tahun ini Pak Bupati mencanangkan Purwakarta Wisata Istimewa. Apalagi pertengahan bulan depan Air Mancur Sri Baduga mulai dibuka pasti (wisatawan) sangat butuh penginapan atau hotel. Ya minimal dua atau tiga hotel berbintang,” pungkas Heri.

Be the first to comment on "Genjot Sektor Pariwisata, Purwakarta Butuh Hotel Baru"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*