Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

NavigasiNews – Agar buah hati tak kecanduan memainkan gadget, Anda harus tahu beberapa aturan sebelum membolehkan anak memegang gadget. Menurut psikolog anak Annelia Sari Sani, pertama-tama Anda harus ikut menguasai juga gadget tersebut.

“Sebelum membolehkan anak main game, orangtua mainkan dulu game itu. Kita tidak pernah tahu ada kejutan apa dari game itu saat anak memainkannya,” kata Anne.

Yang terpenting, jangan pernah meninggalkan anak main sendiri dengan gadgetnya. Dampingi selalu mereka dan ajari bagaimana memainkan game, atau aplikasi yang digunakan. Meski mereka pasti protest, karena merasa sudah tahu cara memainkannya, tetapi tetap saja anak-anak belum tentu tahu segalanya.

Selain itu, mendampingi anak juga akan memperkuat ikatan Anda dengan anak. Dan, selalu tanamkan bahwa manusialah yang menguasai teknologi, bukan sebaliknya.

Beri pula pemahaman pada anak untuk selalu menjaga informasi pribadinya di dunia maya. Kita tidak pernah tahu ke mana saja informasi itu akan tersebar, karena dunia maya tidak ada batasnya. Belum lagi, banyak predator yang memiliki cara yang sangat jahat di dunia maya.

Waspadalah, jika anak tidak sengaja menemukan konten yang tidak sesuai dengan usianya. Seperti contohnya mesin pencari yang bisa menampilkan berbagai hal, hanya dengan mengetik satu kata kunci saja.

Kemudian, ajarkan pula etika di media sosial ketika berhubungan dengan orang lain. Jangan sampai mereka menggunakan kata yang kurang sopan ketika berhadapan dengan orang yang lebih tua darinya.

“Di dunia maya itu jati diri seperti hilang, jadi jangan sampai dia menggunakan bahasa seperti ke temannya, padahal sedang berhadapan dengan orang yang seumur kakek neneknya. Jadi, harus tetap diajarkan bagaimana berelasi di dunia maya,” kata Anne.

Yang paling utama adalah orangtua harus menjadi contoh positif bagi anak. Jangan memberi larangan pada anak tidak menggunakan gadget di meja makan, sedangkan ibu, atau ayahnya justru sering memegang gadget di samping mereka.

Biasakan, untuk memperbanyak waktu makan bersama. Meski terdengar remeh, tetapi ini adalah waktu terbaik untuk menanamkan motivasi, mengajarkan untuk menghabiskan makan, mengambil makan sesuai yang dibutuhkan, dan makan dengan variasi makanan. Disiplin juga bisa ditanamkan ketika makan bersama.

Dalam menggunakan gadget, sebaiknya Anda dan keluarga memiliki satu sudut tersendiri, di mana semua gadget di taruh di sana dalam keadaan mati. Anak juga jangan dibolehkan membawa gadget ke kamar. Dan, tinggalkan gadget ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Be the first to comment on "Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*