Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tantangan Jakarta Sebagai Kota Global

NavigasiNews – Dalam kapasitas DKI Jakarta sebagai kota global, sejumlah aspek harus dipenuhi agar secara kualitas bisa menyetarakan diri dengan kota-kota besar lainnya di negara-negara dunia.

Wakil Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI), Hari Ganie mengatakan, dalam upaya menarik investasi agar bisa masuk ke ibu kota, Jakarta harus bisa menawarkan daya tariknya kepada para investor yang akan menanamkan modalnya.

“Jakarta itu secara fungsi bersaing dengan Johor, Kuala Lumpur dan Bangkok dalam menarik investasi. Keuntungan apa yang bisa diberikan Jakarta bagi para investor. Jakarta harus mengikuti bagaimana mereka menawarkan kemudahan bisnis, baru Jakarta bisa bersaing sebagai global city,” kata Hari dalam sebuah diskusi dengan tema ‘Menggagas Jakarta Masa Depan’, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, agar hal-hal menarik seperti aspek kemudahan berbisnis bisa direalisasikan di Jakarta, maka kerja sama antar pemangku kepentingan harus diperkuat lagi. “Jadi jangan sampai dunia usaha dijadikan musuh. Harus ada kerja sama dengan dunia usaha juga,” ujarnya.

Hari menjelaskan sejumlah tantangan yang dihadapi Jakarta, dalam memanfaatkan sejumlah aspek pendukung masuknya investasi, yang bisa dikembangkan di ibu kota negara ini. Salah satu tantangannya adalah keterbatasan lahan sehingga investasi sektor properti semakin kecil.

Selain itu, salah satu hal lain yang menjadi tantangan bagi masuknya investasi ke Jakarta, adalah soal upah minimum regional, yang terbilang tinggi bagi para investor, terutama bagi para investor asing.

“Jakarta dengan UMR yang begitu tinggi, dia akan kehilangan industri-industri yang sudah tidak cocok dengan harga jasa tenaga kerja di Jakarta. Otomatis, industrinya akan keluar (dari Jakarta),” ucapnya.

“Tapi menurut saya bagus kalau industri keluar dari tengah kota, karena Jakarta sudah tidak bisa menampung industri seperti di Pulo Gadung, Daan Mogot dan lain sebagainya,” ujarnya.

Be the first to comment on "Tantangan Jakarta Sebagai Kota Global"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*