Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

3 Cara Agar Anda ‘Terpaksa’ Menabung

NavigasiNews – Mendengar kata menabung dan berhemat, mungkin Anda sudah sangat bosan. Mudah dikatakan tapi sepertinya susah sekali dipraktekkan.Gaya hidup dengan pengaturan keuangan yang baik memang membutuhkan waktu untuk dibangun.

Semua itu masalah pilihan. Berlama-lama membiarkan pengelolaan keuangan tanpa arah yang jelas, juga pilihan dengan risiko yang tidak kecil.

Banyak terjadi, kalangan dengan pendapatan yang sebenarnya memadai, justru tidak mampu menabung.

Sedangkan kalangan dengan pendapatan relatif kecil, malah bisa menabung bahkan membeli aset. Yang membedakan adalah kebiasaan mengatur keuangan.

Jika Anda sudah menyadari pengaturan keuangan Anda kurang sehat, mengapa tidak mengambil langkah berani untuk berubah? Anda bisa menimbang 3 ide menabung yang ekstrem sebagai berikut:

1.    Buka rekening tabungan rencana autodebet

Banyak orang mengaku susah menabung bila tidak dipaksa. Supaya rencana menabung berjalan, paksalah diri Anda dengan membuka rekening tabungan rencana di bank.

Produk tabungan rencana biasanya memakai sistem autodebet atau potong langsung dari rekening penghasilan Anda di tanggal tertentu.

Tabungan rencana juga biasanya dikunci selama periode tertentu mulai 6 bulan hingga sekian tahun. Dengan membuka rekening tabungan rencana, Anda bisa dipaksa menabung setiap bulan dan tidak bisa mengambil dalam waktu tertentu.

2.    Buat deposito online

Perbankan rata-rata mematok setoran deposito minimal sebesar Rp 8 juta atau Rp 10 juta. Anda bisa memaksa diri menabung dengan membuka deposito melalui jaringan e-channel bank.

Sehingga, tidak ada lagi alasan menunda karena malas mendatangi kantor bank, dan sebagainya.

Sisihkan pendapatan bulanan Anda lalu ketika sudah mencukupi jumlahnya untuk membuka rekening deposito, segera buka simpanan berjangka tersebut lewat kanal online.

3.    Ambil cicilan KPR

Ini cara ekstrem menabung yang cukup berani. Saat ini banyak rumah yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, terutama bagi kalangan yang belum pernah membeli rumah.

Rumah-rumah subsidi banyak dilego dengan harga di bawah Rp 200 juta. Banyak juga rumah yang dapat Anda beli dengan kebutuhan uang muka tidak terlalu besar di bawah Rp 10 juta.

Anda bisa memilih cara ini sebagai langkah menabung. Ambil KPR untuk membeli rumah dan anggaplah cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan ke bank sebagai bentuk tabungan masa depan Anda.

Rumah bukan cuma bisa menjadi aset pakai Anda melainkan juga dapat Anda jual suatu ketika nanti sehingga Anda mengantongi keuntungan dari kenaikan harga rumah (capital gain).

Tiga cara ini bisa membantu Anda untuk secara ekstrem segera memiliki aset dan tabungan. Selamat memperbaiki neraca keuangan dengan cara yang tidak biasa.

Be the first to comment on "3 Cara Agar Anda ‘Terpaksa’ Menabung"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*