Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Persiapkan Keuangan Pribadi Anda Dari Kemungkinan Krisis 2017

NavigasiNews – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump langsung menjalankan kebijakannya. Di antaranya mengenai perdagangan internasional: Trump memutuskan untuk keluar dari blok perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP) yang selama ini digagas oleh AS di bawah kepemimpinan presiden Barrack Obama dan Bush.

Masih banyak lagi kebijakan Trump yang sedang ditunggu oleh para pengambil kebijakan di level negara, pengusaha, maupun para manajer investasi.

Kebijakan yang akan diambil Trump ini sangat penting bagi masa depan ekonomi dunia, termasuk ekonomi Indonesia.

Sebab itu, efek kebijakan Trump yang cenderung proteksionis ini menjadi faktor kelima dari tujuh faktor yang dapat menimbulkan ketidakpastian ekonomi global dan menjadi perhatian Menteri Keuangan Sri Mulyani, seperti disampaikan dalam materi kuliah umum HUT sebuah media, 19 Januari lalu.

Faktor lainnya, ialah tingkat permintaan yang lemah, harga komoditas yang masih rendah, kebijakan rebalancing dari China, dampak Brexit, kenaikan suku bunga The Fed, dan pembalikan arus modal dari pasar keuangan negara berkembang (emerging market economy).

Setelah pelantikan Trump para pemilik dana perlu pintar-pintar mengatur strategi agar dana yang dimilikinya tidak terkena efek kebijakan Trump.

Berikut ini beberapa tips agar uang Anda tetap berkembang di satu sisi, namun juga tetap terlindungi dari sisi lain.

Atur Penempatan Dana

Langkah pertama ialah mengatur lagi penempatan dana Anda. Jika selama ini Anda terlalu banyak menempatkan dana untuk investasi yang penuh risiko dengan aliran modal asing, seperti saham, mungkin Anda perlu meninjau lagi.

Sebaiknya Anda memperbanyak porsi dana di instrumen yang tidak berisiko seperti deposito.

Jangan lupa untuk melakukan penempatan porsi dana sesuai dengan profil risiko Anda. Konsultasikan porsi investasi Anda dengan manajer investasi yang Anda selama ini Anda percayai.

Be the first to comment on "Persiapkan Keuangan Pribadi Anda Dari Kemungkinan Krisis 2017"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*