Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Menperin : Indonesia Tidak Terdampak Langkah AS Keluar Dari TPP

NavigasiNews – Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi menarik AS dari perjanjian perdagangan internasional Trans Pasific Partnership (TPP). Kebijakan tersebut dinilai tidak berpengaruh pada Indonesia karena niat bergabung ke TPP adalah untuk dapat masuk ke pasar AS.

Namun, jika AS menarik diri dari TPP, maka kebijakan tersebut dinilai tidak memiiki dampak terhadap Indonesia. Selanjutnya kegiatan perdagangan Indonesia dengan AS bisa dilakukan dengan cara bilateral.

“Jadi kalau Amerika keluar ya Indonesia tidak terdampak karena TPP kan dalam rangka Indonesia mau masuk ke pasar Amerika. Sekarang pasar Amerika ini lebih ke arah bilateral,” kata Airlangga, di kantornya, Jakarta Selatan.

Indonesia paling banyak mengekspor garmen ke AS. Menurutnya, kebijakan Trump yang dinilai proteksionis tidak akan mempengaruhi ekspor RI karena AS membutuhkan produk garmen dari Indonesia.

“Kita kan dengan AS komplementer jadi produk yang kita produksi dan AS kan tidak bersaing secara langsung, jadi tetap dibutuhkan,” ujar Airlangga.

Sementara itu, saat ini Indonesia masih dikenakan bea masuk produk garmen ke AS yang lebih tinggi daripada Vietnam dan Bangladesh. Hal ini membuat produk Indonesia kalah saing dengan produk garmen asal Vietnam.

Untuk itu, pemerintah saat ini sedang berupaya untuk negosiasi ulang terkait penerapan bea masuk tersebut. Namun, Airlangga tidak merinci kapan negosiasi ulang akan terjadi karena Trump sendiri baru saja dilantik beberapa waktu lalu.

“Misalnya sekarang garmen bea masuknya masih lebih tinggi dari negara seperti Vietnam, Bangladesh. Kita mau negosiasi bilateral,” ujarnya

Be the first to comment on "Menperin : Indonesia Tidak Terdampak Langkah AS Keluar Dari TPP"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*