Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Hobi Belanja? Pahami Hal Ini Agar Tidak Kebablasan

NavigasiNews – Belanja adalah salah satu kegiatan yang pasti dilakukan semua orang. Kegiatan ini sangat dinikmati, tetapi dapat membahayakan apabila dilakukan dengan tidak bertanggung jawab.

Tingkat kebutuhan yang meningkat setiap tahunnya dengan peningkatan gaji yang tidak seimbang, dapat membuat proses belanja menjadi beban. Untuk itu, agar Anda dapat terus menikmati waktu belanja, terapkanlah kiat-kiat belanja di bawah ini:

1. Akhir bulan, berarti waktu gajian dan waktu penyusunan anggaran belanja bulanan

Anggaran belanja sangatlah penting, agar Anda tidak membelanjakan uang melewati batas kemampuan. Jika penghasilan Anda tetap (hanya dari gaji), akan lebih mudah menyusun anggaran belanja bulanan.

Jika anda pebisnis dan mendapat penghasilan tidak tetap, gunakanlah rumus rata-rata tiga bulan untuk mengetahui perkiraan dana yang dapat dibelanjakan tiap bulannya. Yang terpenting dari kedua metode tersebut adalah pangkaslah kebutuhan yang tidak penting dan selalu sisihkan uang untuk tabungan.

2. Bedakan antara kebutuhan versus keinginan

Pemborosan sering terjadi, karena Anda tidak dapat membedakan mana yang tergolong kebutuhan dan mana yang tergolong keinginan. Kebutuhan adalah ketika Anda membutuhkan baju baru untuk menyambut Hari Raya, tetapi keinginan adalah ketika Anda harus memakai pakaian yang bermerek dan mewah. Mengetahui yang mana yang disusun.

3. Bayarlah dengan uang tunai

Membayar dengan uang tunai akan membuat Anda lebih sadar dengan jumlah uang yang telah dihabiskan. Secara psikologis, Anda pun akan lebih dapat menahan diri dalam berbelanja.

Tetapi, tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit ketika berbelanja, terutama untuk nominal besar karena biasanya pihak penjual akan mengadakan cicilan nol persen, atau promo-promo potongan harga yang cukup menarik.

Tidak hanya potongan dan cicilan nol persen, pemakaian kartu kredit juga ada yang ditawarkan dengan cashback, yaitu pengembalian sebagian persentase uang tunai dari seluruh pembelanjaan. Manfaatkan promo ini, jika ingin menggunakan kartu kredit.

4. Belanja kebutuhan ketika sudah kenyang

Jika perut sudah kenyang, Anda dapat lebih leluasa mengitari pasar swalayan perlahan-lahan dan dapat benar-benar memastikan barang mana yang telah dimiliki dan mana yang tidak.

Perut kenyang juga menghindari Anda “lapar mata” yang dapat berakibat pada memasukkan bahan makanan tidak penting pada kereta belanja. Manfaat lainnya adalah selain hemat, Anda pun dapat menjadi lebih sehat.

5. Gunakanlah voucher, atau kupon belanja

Bagi yang mengerti teknologi, Anda dapat memanfaatkan penjualan kupon online atau deal. Pada situs seperti ini, Anda dapat membeli potongan belanja, sehingga akan menghemat pengeluaran.

Selain itu, pada beberapa situs, pembelian Anda akan menghasilkan poin, dan akumulasi poin dapat ditukar menjadi kupon, atau voucher lainnya. Bahkan, ada beberapa situs yang menawarkan voucher diskon secara percuma.

6. Menunda hasrat belanja sampai pada saat yang tepat

Tundalah hasrat belanja Anda sampai ada potongan harga pada barang yang ingin dibeli, atau jangan langsung membeli barang yang baru diluncurkan. Hal ini dapat membantu Anda menghemat pengeluaran, sehingga gaji tidak habis sia-sia.

Biasanya diskon akan diadakan menjelang hari raya, atau hari libur, Anda dapat membuat daftar belanja sebelum diskon dan gunakan daftar tersebut untuk mengingat kembali barang yang ingin dibeli.

7. Taatlah pada daftar belanja yang telah anda susun

Seluruh tips di atas hanya dapat efektif apabila anda taat dan disiplin pada rencana yang telah disusun. Berusaha mengkontrol diri dan selalu belanja sesuai dengan daftar dapat membantu Anda lebih menghemat gaji.

8. Jangan lapar mata

Seringkali anda membelanjakan uang percuma hanya karena lapar mata, yang artinya Anda tidak tahan ingin membeli barang tersebut, padahal belum tentu barang tersebut akan digunakan. Karena itu, untuk menghindari keborosan, kurangilah intensitas mengunjungi pusat perbelanjaan. Tentukanlah tanggal belanja Anda, dan belanjalah hanya pada tanggal yang telah ditentukan tersebut.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda mengelola keuangan anda lebih baik.

Be the first to comment on "Hobi Belanja? Pahami Hal Ini Agar Tidak Kebablasan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*