Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Google Belum Sepakat Masalah Angka Pajak

Google belum membayar pajak

NavigasiNews – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Google Indonesia untuk menyelesaikan persoalan pajak. Diungkapkan bahwa ada satu hal yang belum disepakati antar Google dengan pemerintah.

“Kalau kita terus komunikasi dan koordinasi terus supaya Google bayar pajak. Tapi menurut saja yang belum ketemu adalah angkanya (nilai pajak Google),” tutur Menkominfo Rudi Antara, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, potensi pajak Google sangat besar. Bila diproyeksikan nilai pajak perusahaan multinasional ini sekira Rp5 triliun.

Menurut Rudi, nilai pajak ini yang belum menemui kesepakatan kedua belah pihak. Berapa besarannya menjadi wewenang Kementerian Keuangan, Kominfo hanya memastikan bahwa Google segera membayar kewajibannya kepada Negara.

“Saya yakin (Google bayar pajak), Artinya akan ada angka yang disepakati kedua belah pihak (pemerintah dan Google),”tuturnya.

Sekedar informasi, Google Indonesia dinilai mampu melihat celah kecil pada regulasi perpajakan di Indonesia dan mampu memperoleh keutungan besar melalui celah tersebut. Adapun potensi pajak negara yang mesti dibayarkan perusahaan multinasional terbilang besar, sekira Rp5 triliun.

Be the first to comment on "Google Belum Sepakat Masalah Angka Pajak"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*