Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tekanan Inflasi Tahun 2017 Cukup Tinggi

NavigasiNews – Bank Indonesia (BI) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan tingkat tinggi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Pertemuan itu dihadiri pula oleh Direktur Utama Perum Bulog dan perwakilan kementerian maupun lembaga terkait.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, pengendalian inflasi pada tahun 2017 dihadapkan oleh banyak tantangan.

Ia menjelaskan, tantangan tersebut berasal baik dari dalam maupun luar negeri. “Antara lain berupa kenaikan harga komoditas global, kelanjutan reformasi subsidi yang tepat sasaan yaitu penyesuaian listrik 900 VA, dan penyesuaian (harga) BBM sesuai harga minyak dunia,” kata Agus di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Oleh karena itu, dalam rapat tersebut disepakati sejumlah langkah untuk menjaga inflasi agar tetap berada pada kisaran 4 plus minus 1 persen pada tahun 2017.

Salah satunya menekan laju inflasi pangan bergejolak atau volatile food hingga berada pada kisaran 4 sampai 5 persen. “Ini melalui penguatan infrastruktur logistik di daerah, khususnya untuk penyimpanan pangan dan komoditas,” ungkap Agus.

Selain itu membangun data lalu lintas barang dan penggunaan instrumen insentif fiskal. Kerja sama antar daerah akan diperkuat dan percepatan infrastruktur konektivitas juga akan dipercepat. Koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah pun akan diintensifkan.

Be the first to comment on "Tekanan Inflasi Tahun 2017 Cukup Tinggi"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*