Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tips Finansial Setelah Lulus Kuliah

NavigasiNews – Kehidupan setelah kuliah bukanlah lagi masa bermain-main dan untuk hal- hal menyenangkan. Karena ketika Anda selesai dari dunia pendidikan formal, Anda akan memasuki sekolah baru yang yang bernama kehidupan.

Anda akan mencoba mencari nafkah untuk diri Anda sendiri, dengan menghadapi seluruh tanggung jawab dan menemukan makna baru dari nilai uang.

Untuk membantu mengendalikan keuangan Anda dalam beberapa tahun pertama setelah lulus kuliah, berikut lima tips cara mendapatkan uang seperti dikutip dari JobStreet.com.

1. Tentukan tujuan keuangan Anda dengan jelas

Menentukan tujuan keuangan Anda mungkin bukanlah hal pertama di pikiran Anda setelah lulus dari perguruan tinggi. Walaupun Anda mungkin sudah memiliki beberapa rencana yang belum jelas tentang bagaimana Anda akan menggunakan uang Anda (misalnya untuk gadget, Apartemen, mobil baru), ide-ide tersebut mungkin belum konkret dan dipikirkan dengan matang.

Menentukan tujuan keuangan Anda bukanlah hanya tentang kapan dan bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Sebaliknya, hal itu sebagian besar tentang pengaturan target-target keuangan yang penting yang akan dicapai dan membantu Anda agar tetap fokus.

2. Buatlah perencanaan keuangan yang detail

Karena Anda sekarang sudah berpenghasilan secara mandiri, Anda mungkin tergoda untuk mengubah gaya hidup lama Anda pada saat kuliah dan mulai untuk mendapatkan barang-barang mewah tertentu.

Walaupun memanjakan diri Anda dapat melepaskan diri dari stress dan rasa lelah, namun Anda harus juga tahu batasannya. Pada saat itulah perencanaan keuangan akan sangat membantu Anda.

Pendidik keuangan dan  salah satu penulis “Smart Money, Smart Kids”, Rachel Cruze, mengatakan pada para pembacanya untuk selalu menggunakan uang dengan tujuan yang jelas, yang artinya Anda harus merencanakan keuangan sehingga Anda tahu persis kemana Anda menghabiskan uang yang susah payah Anda hasilkan bukannya habis begitu saja tanpa tahu hasil yang jelas.

Untuk memulai perencanaan keuangan Anda, totalkanlah hal-hal yang penting, seperti biaya sewa bulanan, kebutuhan sehari-hari, kebutuhan rumah tangga, dan transportasi. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa yang tersisa untuk tabungan dan belanja yang lainnya.

Pengaturan keuangan yang detail dan terencana berperan penting dalam menjaga pengeluaran  dan tabungan Anda di jalur yang benar.

Be the first to comment on "Tips Finansial Setelah Lulus Kuliah"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*