Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Digicoop, Smartphone Buatan Dalam Negeri Tidak Dijual Bebas, Lalu Bagaimana Cara Mendapatkannya?

NavigasiNews – Banyak yang meragukan orang Indonesia mampu membuat teknologi berbasis rakyat sendiri mulai dari konsep hingga produksi. Apalagi kalau bicara teknologi tinggi seperti smartphone misalnya tentunya kita sangat jauh tertinggal dengan Industri global yang sudah sangat dominan. Kalaupun ada merk lokal yang beredar di pasaran seperti Advan, Mito, Axioo dll tidaklah 100% karya anak bangsa karena kebanyakan asembling di China.

Image tersebut berusaha didobrak oleh sekelompok orang yang tergabung dalam koperasi digital Indonesia. Mereka menginisiasi pembuatan smartphone yang benar-benar dari rakyat dan untuk rakyat. Smartphone ini diberi nama digicoop yang merupakan singkatan dari digital cooperation alias koperasi digital. Smartphone yang dirancang oleh team dari Institut Teknologi Bandung  tersebut dibuat di sebuah industri di cikarang, Bekasi. Seperti apa spesifikasi, harga dan cara beli digicoop 01? berikut infonya.

Untuk bisa mendapatkan smartphone ini ternyata cukup unik karena anda tidak perlu membelinya. Sesuai prinsip koperasi yang bertujuan mensejahterakan anggota maka setiap anggota bakal mendapat smartphone ini. Berarti ponsel ini gratis? tidak juga. Anda yang berminat dengan perangkat ini wajib menjadi anggota koperasi digital Indonesia. Caranya lewat online dengan mengakses www.digicoop.id mengisi for keanggotaan. Calon anggota wajib mengisi simpanan pokok Rp. 100.000 serta simpanan wajib Rp 1.200.000 selama jangka waktu 1 tahun. Ada pula opsi simpanan khusus 5 juta rupiah jika anda ingin berpartisipasi untuk pembelian satelit, tapi ini tidak wajib.

Nah dengan menjadi anggota koperasi ini maka anda secara otomatis akan mendapatkan smartphone digicoop di tangan. Uniknya jika anda tetap bertahan menjadi anggota koperasi ini maka anda akan mendapat smartphone baru setiap dua tahun sekali. Itu artinya setelah 2 tahun dan anda masih jadi anggota maka ponsel tersebut akan ditarik kembali dan diganti dengan versi yang lebih baru, menarik bukan? anggota juga berhak mendapat pembagian SHU yang berasal dari pendapatan iklan di smartphone yang digunakan menggunakan sistem poin. Artinya semakin sering dipakai maka semakin banyak poin yang bakal didapat.

Harga dan cara beli Digicoop 01

Setelah tahu cara pembeliannya yang unik tentunya kepingin tahu kan spesifikasi Digicoop 01 tersebut seperti apa? sebagai ponsel rakyat pertama tentunya cukup lumayan untuk karya murni anak bangsa meski kualifikasinya belum terlalu tinggi. Desain bodinya lumayan tidah berbeda jauh dengan ponsel-ponsel android yang beredar saat ini. Bahkan smartphone ini sudah support 4G LTE untuk mengakses internet kecepatan tinggi. Dengan RAM 1GB dan memori internal 8 GB serta baterai 1800 mAh menjadikanya termasuk ponsel low end. Ada pula disertakan kamera 8MP di belakang dan 2MP di bagian depan. Untuk sistem operasinya juga buatan sendiri bernama ID3OS atau ideos yang mirip Cyanogen di android.

Be the first to comment on "Digicoop, Smartphone Buatan Dalam Negeri Tidak Dijual Bebas, Lalu Bagaimana Cara Mendapatkannya?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*