Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Para CEO Khawatir Kebijakan Perdagangan Trump

Republican nominee Donald Trump listens during the first presidential debate at Hofstra University in Hempstead, New York on September 26, 2016. / AFP / Paul J. Richards (Photo credit should read PAUL J. RICHARDS/AFP/Getty Images)

NavigasiNews – Tujuh dari 10 CEO multinational company mencemaskan kebijakan proteksionisme dan peningkatan batasan perdagangan yang diusung presiden terpilih AS Donald Trump.

Hal ini berdasarkan temuan survei teranyar yang dilakukan perusahaan konsultan Pricewaterhouse Cooper (PwC). Angka tersebut pun meningkat dari 40 persen pada tahun 2012 silam.

Mengutip CNN Money, Rabu (18/1/2017), kekhawatiran utamanya memuncak di AS dan Meksiko, di mana 64 persen pemimpin bisnis merasa khawatir. Peningkatan itu dikonfirmasi terkait dengan Trump.

Sang presiden terpilih telah mengancam untuk membatalkan perjanjian perdagangan bebas dan menjatuhkan tarif bagi banyak mitra dagang top AS.

Menurut PwC, kekhawatiran mengenai proteksionisme di kalangan CEO di AS naik 10 persentase poin setelah pemilu.

Sebanyak 61 persen responden merasa cemas sebelum pilpres AS, namun persentasenya naik menjadi 71 persen setelah Trump memenangkan pilpres.

Dalam survei tersebut, PwC mewawancarai 1.379 orang CEO di 79 negara selama periode September hingga Desember 2016.

Para responden merepresentasikan berbagai perusahaan dalam skala beragam di sektor yang beragam pula.

Meski tampaknya hasil survei itu suram, optimisme ternyata masih merekah di kalangan CEO, meski ada tantangan dalam pertumbuhan ekonomi global dan meningkatnya kesenjangan kekayaan.

Sebanyak 38 persen CEO menyatakan sangat yakin dengan prospek pertumbuhan bisnis perusahaan mereka dalam 12 bulan mendatang.

“Ada tanda-tanda optimisme di seluruh belahan dunia, termasuk di Inggris dan AS, di mana meski ada prediksi penurunan karena Trump dan Brexit, keyakinan CEO terhadap pertumbuhan perusahaan mereka meningkat dibandingkan tahun 2016,” ujar pimpinan global PwC Bob Moritz.

Kurang dari sepertiga jumlah CEO meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi global akan naik pada tahun 2017.

Adapun 44 persen dari jumlah CEO menyatakan globalisasi tak membantu menutupi kesenjangan antara orang kaya dan miskin.

Be the first to comment on "Para CEO Khawatir Kebijakan Perdagangan Trump"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*