Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Target Tax Ratio 14,6% Hingga 2019

NavigasiNews – Pemerintah menetapkan target tax ratio atau rasio kepatuhan wajib pajak membayar pajak hingga 2019 di level 14,6%. Padahal di 2016 saja tax ratio baru mencapai 11%.

Ketua Tim Reformasi Pajak Suryo Utomo mengakui target itu terlalu ambisius. Meski demikian, dia mengatakan target tersebut bukan tidak mungkin bisa dicapai.

“Kalau kami pasang (target) agak ambisius, tapi kami pikir realistis karena kami punya ekspektasi empat tahun ke depan tax ratio naik,” tuturnya di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Menurut Suryo untuk meningkatkan tax ratio hal yang paling penting adalah meningkatkan basis data perpajakan. Sebab dengan data yang luas dan akurat para petugas pajak bisa mengejar para wajib pajak (WP) yang bandel.

“Berarti basis pajak harus luas dan aktivitas pemungutan data lebih baik. Makanya pengumpulan data itu penting. Data itu bisa jadi sesuatu yg bisa kami sampaikan ke WP,” imbuhnya.

Data yang dikumpulkan juga harus dihadirkan sesederhana mungkin. Hal itu agar para petugas pajak di lapangan mampu menterjemahkannya.

“Misal, saya fiskus mau profile WP. Paling tidakk sekarang sudah satu dua langkah dibanding sebelumnya. Itu yg kami coba elaborasi, sehingga pegawai DJP di lapangan paling enggak sudah dapat informasi. Jadi saat datang ke WP tinggal verifikasi,” pungkasnya.

Be the first to comment on "Target Tax Ratio 14,6% Hingga 2019"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*