Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Gempa 6.5 SR, Aspal Landasan Bandara Kualanamu Naik

ilustrasi gempa

Navigasinews.com – Gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang kawasan Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Senin (16/1/2017) malam. Kuatnya guncangan, berdampak di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Landasan pacu (Runway) di bandara kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu mengalami kerusakan minor pasca gempa.

“Kondisi runway 05 Bandara Kualanamu pasca gempa dilaporkan mengalami lendutan permukaan di marka designation runway 05, dekat threshold runway 05,”kata Wisnu Budi Setianto, Branch Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu.

Wisnu menambahkan, kerusakan yang terjadi di landasan pacu bandara tersebut tidak sampai mengganggu penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu.

Sementara itu, Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, menjelaskan tim landas pacu sedang melakukan pengukuran untuk menentukan declare distance atau jarak yang tersedia di landas pacu untuk pesawat mendarat atau take off.

Hal ini dilakukan pascagempa 5,6 SR yang terjadi di Deli Serdang sekitar pukul 19.45 WIB tadi.

“Untuk fasilitas navigasi, seperti ILS, VOR/DME, Radar, VHF, tidak berdampak. Sedangkan untuk take off atau landing saat ini menggunakan Runway 23,” tambahnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir gempa bumi di Deli Serdang berkekuatan 5,6 SR. Gempa ini bersumber di kedalaman 10 km. Bahkan gempa sempat terjadi dua kali.

Episentrum gempa sendiri terjadi di 3,33 Lintang Utara dan 98,46 Bujur Timur. Gempa tersebut berlokasi di 28 km sebelah barat daya Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Be the first to comment on "Gempa 6.5 SR, Aspal Landasan Bandara Kualanamu Naik"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*