Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Daftar “9 Mitra Tak Lazim” Trump, Ada Nama Hary Tanoe

Hary Tanoe Sudibjo, Ketua Umum Partai Perindo

Navigasinews.com – Surat kabar terkemuka AS, Washington Post, dalam laporan terbarunya, Jumat (13/1/2017) yang bertajuk “Trump’s Foreign Network” membeberkan bahwa Trump, yang juga seorang pengusaha terkemuka di AS, memiliki beberapa mitra bisnis di luar negeri yang “tidak lazim”.

“Beberapa rekan bisnis Trump sedang diselidiki karena ketidakwajaran finansial, dan beberapa dari mereka diwajibkan untuk membayar denda besar…Trump juga bekerja sama dengan pengusaha yang mempunya hubungan erat dengan pemerintahan otoriter,” tulis Washington Post.

Teman-teman yang “tidak lazim” ini, memantik kekhawatiran akan adanya konflik kepentingan ketika Trump berkuasa di Gedung Putih.

“Seorang pengusaha bisa berurusan dengan pebisnis-pebisnis model begini dan semoga ia cukup cerdas untuk tidak dimanfaatkan,” kata Richard Painter, pakar hukum etika kepercayaan mantan Presiden George W Bush dan salah satu pengkritik paling keras Trump.

“Tetapi ketika Anda masuk ke pemerintahan, sebagai presiden Amerika Serikat, jelas ini adalah tipe hubungan yang harus Anda buang,” tegas dia.

Trump sendiri adalah presiden pertama AS yang berlatar belakang pebisnis dengan skala usaha besar, yang bahkan namanya telah menjadi merek bisnis global, dan memiliki mitra-mitra bisnis unik – yang memanfaatan nama Trump untuk meraih keuntungan.

Sebagian besar presiden AS sebelumnya berasal dari latar belakang diplomat, pemimpin politik, militer, dan intelijen.

Dalam laporan panjangnya, Washington Post, membuat daftar mitra-mitra bisnis “tak lazim” Trump di dunia dan mengerahkan para pewartanya di sembilan negara untuk meneliti nama-nama dalam daftar tersebut.

Ada Nama Hary Tanoesoedibjo

Sembilan nama pengusaha mitra bisnis Trump dalam daftar itu berasal dari seluruh dunia, mulai dari Amerika, Eropa, Afrika, hingga Asia. Uniknya dalam daftar itu, tepatnya di urutan kedua, ada nama konglomerat Indonesia: Hary Tanoesoedibjo.

HALAMAN SELANJUTNYA->

Be the first to comment on "Daftar “9 Mitra Tak Lazim” Trump, Ada Nama Hary Tanoe"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*