Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Anda Sering Lembur Demi Bonus? Waspadai Masalah Kesehatan

NavigasiNews – Bonus dan cuti merupakan dua hal yang bisa meningkatkan motivasi dan produktivitas para pekerja. Tetapi sebuah studi mengatakan khusus bonus, ini justru bisa memicu overwork alias kerja berlebihan.

Hal ini dibuktikan peneliti dari Norwich Business School, University of East Anglia dengan mengamati 1.293 manajer dan 13.657 pekerja di 1.293 perusahaan yang ada di seluruh penjuru Inggris.

Masing-masing diwawancara tentang tiga jenis bonus yang biasa diberikan perusahaan kepada karyawannya, yaitu bonus karena performa kerja, profit dan bonus yang berkaitan dengan saham milik karyawan.

Hasilnya, secara umum, keberadaan bonus-bonus ini memang memotivasi pekerja, bahkan meningkatkan kepuasan kerja mereka.

Namun di sisi lain peneliti juga melihat adanya keterkaitan yang jelas antara bonus dan pola kerja yang intens, atau bahkan overwork (kerja berlebihan) setelah pekerja memperoleh bonus.

Karenanya peneliti menduga bahwa bonus sebenarnya tak lain adalah bentuk lain dari eksploitasi dari perusahaan kepada pekerjanya, karena setelah mendapat bonus, perusahaan akan mendorong pekerja untuk meningkatkan performanya.

Persoalannya, hal ini bisa saja memicu stres karena pekerjaan dan masalah kesehatan lain akibat kerja berlebihan.

“Dengan cara ini, manajer mengirimkan sinyal kepada anak buahnya tentang niat mereka untuk memberikan reward atau hadiah berupa uang jika mereka bekerja ekstra. Pekerja pun menerima sinyal ini dan merasa berkewajiban untuk bekerja lebih keras,” terang peneliti Dr Chidiebere Ogbonnaya seperti dilaporkan Ask Men.

Ogbonnaya menyayangkan karena pekerja menganggap hal ini sebagai sesuatu yang baik, padahal keuntungan ada di pihak perusahaan, sedangkan pekerja belum tentu merasakan hal yang sama.

Peneliti juga menemukan, bila satu pekerja mendapatkan bonus maka pekerja lainnya juga harus merasakan hal yang sama. Jika keadilan ini tidak ada, hubungan antara pekerja dan manajer atau pemilik perusahaanlah yang kena batunya.

Be the first to comment on "Anda Sering Lembur Demi Bonus? Waspadai Masalah Kesehatan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*