Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Heboh!!! FPI Dilatih Oleh TNI di Banten

Foto bersumber dari Instagram dpp_fpi

Navigasinews.com – Front Pembela Islam Banten menggelar Pelatihan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) di Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (5/ Januari 2017) silam.

Latihan tersebut atas kerjasama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) FPI Banten dengan TNI. Latihan dipimpin langsung oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai mentor.

Kabar tersebut kemudian menjadi heboh di dunia maya setelah beberapa foto proses latihan diunggah melalui akun resmi DPP FPI di Intagram, @dpp_fpi.

“TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Kabupaten Lebak Banten,” tulis akun dpp_fpi sebagai caption untuk foto latihan PPBN yang diunggah, Sabtu (7/1).

Dalam foto-foto itu, terlihat beberapa anggota laskar sedang berlatih halang rintang ala militer. Mulai dari latihan panjat jaring laba-laba hingga melewati danau dengan seutas tali.

Momen latihan tersebut mendapat dukungan positif dari netizen yang bersimpati dengan ormas pimpinan KH. Ahmad Shabri Lubis ini.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi Kolonel Desi Ariyanto membenarkan bahwa pihaknya menggelar pelatihan bela negara kepada sejumlah anggota Front Pembela Islam (FPI) di wilayah Lebak Banten.

“Tidak semua FPI, ada beberapa,” kata Desi sebagaimana dilansir oleh Tempo, Sabtu, 7 Januari 2017.

Desi menuturkan pelatihan sudah dilakukan pada 5 hingga 6 Januari 2017. Desi menegaskan bahwa pelatihan yang dilakukan bukan pelatihan militer melainkan bela negara.

Namun Desi menilai khusus untuk latihan bela negara yang dilakukan oleh Kodim Lebak tidak melalui prosedur yang berlaku di lingkungan TNI.

Menurut Desi, latihan bela negara harus memperoleh persetujuan secara hirarkis. Yaitu Komandan Distrik Militer seharusnya melaporkan terlebih dahulu kepada Komandan Resort Militer dan selanjutnya kepada Panglima Kodam.

“Dengan adanya kesalahan prosedur tersebut maka akan ada proses lebih lanjut yang akan diberikan kepada Dansat Kowil yang bersangkutan,” kata Desi.

Namun terlepas dari itu, Desi menilai masyarakat perlu memahami bahwa tujuan dari kegiatan bela negara pada dasarnya adalah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara.

Foto bersumber dari Instagram dpp_fpi

Be the first to comment on "Heboh!!! FPI Dilatih Oleh TNI di Banten"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*