Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Demokrat: Harusnya Pemerintah Pahami Nuansa Kebathinan Masyarakat Sebelum Menaikkan Harga

Keterangan Foto: Anggota DPR RI Agus Hermanto

Navigasinews – Pemerintah seharusnya mempertimbangkan dengan matang sebelum menaikan tarif listrik, bahan bakar minyak (BBM), biaya pengurusan surat kendaraan bermotor

. Alasannya, kenaikan ini tentu menambah kesusahan masyarakat.

“Pemerintah harus mendalami nuasa batin masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah,” kata Wakil Ketua DPR yang juga Wakil Ketum Partai Demokrat, Agus Hermanto ketika dihubungi, Kamis (5/1).

Menurut Agus, saat ini masyarakat memiliki beban ekonomi yang cukup berat.

“Masyarakat menengah ke bawah mengalami kesulitan, atau bahasa lainnya adalah, mengalami penurunan daya beli masyarakat, kemampuan masyarakat menurun sehingga akan menyulitkan, tidak bisa konsumsi produk-produk dalam negeri,” ujarnya.

“Cabe rawit saja sampai Rp 100 ribu. Ini menunjukkan nilai keekonomiannyakan, daya beli masyarakat ekonomi menengah ke bawah mengalami penurunan,” lanjut Agus.

Jelas dia, kenaikan-kenaikan itu akan mempersulit ekonomi masyarakat yang berimbas pada ketidakmampuan untuk mengkonsumsi produk dan jasa dalam negeri.

“Akibatnya nilai ekonominya menjadi turun kembali. Jadi kesusahan dan kesulitan makin tinggi. Dan perusahaan dan juga pabrik-pabrik di Indonesia akan alami kesulitan dalam memasarkan karena memang masyarakat tidak mampu mengkonsumsi produk dalam negeri karena lama-lama perusahaan akan alami kebangkrutan, kalau bangkrut akan ada PHK dan mempekeruh keadaan,” papar Agus.

Sehingga yang paling tepat menurut dia adalah, pemerintah harus menaikkan daya beli masyarakat terlebih dahulu sehingga kemampuan dan daya beli masyarakat tentu akan mempunyai efek positif.

“Beban-beban apapun yang dinaikkan oleh pemerintah, akan bisa teratasi dengan baik. Kalau sekarang ini menimbulkan keresahan masyarakat dan hal ini harus juga direncanakan dan diskedjulkan dengan tepat,” pungkas Agus.

Be the first to comment on "Demokrat: Harusnya Pemerintah Pahami Nuansa Kebathinan Masyarakat Sebelum Menaikkan Harga"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*