Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Inspiratif !!! Pemuda Ini Menolak Jadi PNS Demi Brownies

Herman beserta produk Mallita Brownies. Minat warga Kalimantan Utara terhadap kehadiran Mallita Brownies terbilang tinggi. (navigasinews/dok)

Tarakan, Navigasinews.com – Berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi impian banyak orang di negeri ini. Digaji tinggi dan diberi tunjangan berlimpah cukup efektif menggoyang idealisme seseorang. Tapi, tidak bagi Herman.

Dua pengocok tepung berbentuk spiral stainless silih berganti melumat adonan yang bergumpal pejal di dalam baskom. Kedua tangan Herman tetap erat memegang batang pengocok. Fokus. Kletak-kletok menjadi nada pengiring tersendiri.

“Ketika sudah halus dan gula yang mengendap di dasar baskom sudah tidak dirasa, barulah dipindah ke loyang,” ujar Herman di sela-sela aktivitasnya.

Delapan loyang berukuran 30 x 11 sentimeter berwarna perak yang telah diolesi mentega siap menyambut muntahan adonan yang berwarna kekuningan dan cokelat.

Setelah kedelapan loyang terisi, kemudian dipindahkan ke dalam oven yang siap mengesekusi tugas selanjutnya. “Ini brownies panggang mas,” kata Herman seiring memasukan brownies ke mulut oven.

Melewati proses pembakaran selama kurang lebih dua jam, akhirnya adonan tadi mengembang dan menguarkan aroma yang menggombal hidung dan memantik selera untuk mencomotnya.

“Didiamkan dulu sejenak, lalu dikemas,” ujar pria kurus ini pada saat ditemui di rumahnya di Jalan Kusuma Bangsa, Gang Meranti, Kota Tarakan ini. “Bila dibiarkan sehari semalam, rasa dan teksturnya semakian terasa.”

Sembari mengerjakan proses pengepakan, pria 35 tahun ini menceritakan awal kisahnya menjadi seorang pengusaha brownies.

“Saya sudah menjual brownies sejak 2006,” kata Herman seolah membuka kenangan.

Brownies Herman kala itu beredar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan brand De Share dan sistem penjualan door to door. Bersama sang istri setahun lebih konsep penjualan rumah ke rumah mereka jajal. Seolah melihat celah pasar dan optimisme tinggi, Herman tidak pernah menyurutkan asa.

“Alhamdulillah, De Share sempat terpampang di Bandara Sepinggan dan menjadi oleh-oleh,” ujar Herman.

Menolak Jadi PNS

HALAMAN SELANJUTNYA

Be the first to comment on "Inspiratif !!! Pemuda Ini Menolak Jadi PNS Demi Brownies"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*