Kirim Bantuan 10 Kontainer, Jokowi : Indonesia Peduli Rohingya

Jokowi memeriksa persiapan bantuan yang akan dikirim untuk Rohingya

NavigasiNews – Presiden Joko Widodo memberikan perhatian besar terhadap Komunitas Muslim di Rohingya. Hal tersebut merupakan buah dari upaya diplomasi dengan pemerintahan Myanmar, bahkan kemarin telah dilakukan pengiriman bantuan sebanyak 10 kontainer.

Tugas kemanusiaan itu, lanjut Jokowi, dilaksanakan Indonesia untuk membuktikan kepedulian Indonesia terhadap penderitaan komunitas Muslim Rohingya.

“Diplomasi Indonesia telah melakukan tugasnya. Kepedulian kita tunjukkan tanpa kegaduhan dan kepedulian kita tunjukkan tanpa megaphone diplomacy,” ujar Jokowi di sela melepas 10 kontainer berisi bantuan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/12/2016).

Pemerintah Indonesia, menurut Jokowi, sudah melakukan diplomasi menyangkut pengungsi Rohingya. Ia mengatakan sudah memerintahkan Kementerian Luar Negeri untuk bertemu dengan pemerintah Myanmar. Presiden meminta membuka perbatasan untuk memenuhi kebutuhan rakyat Rohingya. “Kami menegaskan perlunya penegakan HAM dan kehormatan bagi komunitas muslim,” ucapnya.

Pemerintah mengirimkan sebanyak 10 kontainer berisi bantuan yang terdiri dari satu kontainer berisi sarung (10.000 potong), lima kontainer berisi mie instan kuah, tiga kontainer berisi terigu, dan satu kontainer berisi biskuit bayi.

Jokowi menyebut, jenis bantuan tersebut adalah permintaan dari komunitas Muslim itu sendiri.

Hal itu diketahui berdasarkan kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Rakhine State, beberapa waktu lalu.

“Barang-barang ini berasal dari masyarakat, ada yang dari pengusaha dan pemerintah,” ujar Jokowi.

Turut serta dalam pelepasan bantuan itu, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta perwakilan dari pemerintah Myanmar.

Be the first to comment on "Kirim Bantuan 10 Kontainer, Jokowi : Indonesia Peduli Rohingya"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*