Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pelayanan Tax Amnesty Kembali Ramai Setelah Libur Natal

Antrian peserta tax amnesty

Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) membuka pelayanan pendaftaran program pengampunan pajak atau tax amnesty pada pukul 08.00 WIB. Jelang penutupan periode II, wajib pajak sudah mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB.

“Tadi sudah dari jam 06.00 pagi sudah ramai,” kata salah seorang petugas pajak, Rabu (28/12/2016).

Kedatangan para pendaftar tetap akan dilayani meski kantor belum dibuka. Satu area di lantai 2, Gedung Utama disiapkan untuk menampung pendaftar, sekaligus mengambil nomor antrean lebih awal.

Pada hari ini, lebih dari 100 orang yang datang sebelum kantor dibuka. Kondisi tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan dengan periode sebelumnya. Di mana ketika akhir periode, wajib pajak terus menyerbu kantor pajak.

Tepat pukul 08.00 WIB, pendaftaran dibuka. Pendaftar dipanggil sesuai dengan nomor antrean menggunakan pengeras suara untuk memasuki ruangan pengecekan dokumen. Selanjutnya baru masuk ke ruangan penelitian.

Salah satu peserta tax amnesty adalah, Suryanto. Wajib pajak ini bahkan sudah datang ke kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak pukul 07.00 WIB pagi. Ia kaget ternyata kantor DJP di Jalan Gatot Subroto, Jakarta sudah ramai.

“Saya antre sudah dari jam 7. Tapi ternyata udah ramai banget,” ungkapnya.

Meski sudah antre dari jam 07.00 WIB, Ia ternyata mendapat urutan ke 200. Hingga pukul 11.00 WIB Suryanto belum juga dipanggil ke ruang pemeriksaan dokumen. Namun, Ia cukup sabar untuk menunggu.

“Ya tunggu saja,” imbuhnya.

Suryanto mengaku ikut tax amnesty adalah sebuah keharusan. Pilihan untuk periode II memang karena banyak sekali dokumen yang harus dilengkapi, walaupun jenis yang dipilih adalah deklarasi dalam negeri.

“Banyak dokumen, jadi ikutnya baru bisa sekarang,” jelasnya.

Suryanto mengaku telah mendapatkan surat elektronik atau email yang disebarkan oleh Ditjen Pajak. Email tersebut berisikan data-data harta yang seharusnya dilaporkan untuk kebutuhan pajak.

“Iya semua hartanya dituliskan di sana,” tandasnya.

Be the first to comment on "Pelayanan Tax Amnesty Kembali Ramai Setelah Libur Natal"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*