Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Libur Akhir Tahun, Wisatawan Membludak di Kota Batu

Bermain Lampion, salah satu aktivitas Wisatawan yang Berkunjung Ke Batu

Navigasinews – Kota Batu, Jawa Timur memang sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun asing. Terbukti, saat libur akhir tahun menyambut Natal dan Tahun Baru 2017, kepadatan wisatawan dan kendaraan memenuhi Kota Batu. Diperkirakan akan makin meningkat di malam terakhir di tahun 2016.

Di Museum Angkut misalnya, wisatawan yang memadati kawasan tersebut membuat area parkir tak lagi muat menampung jumlah kendaraan. Akhirnya, kendaraan meluber ke jalan-jalan protokol. Khususnya, Jalan Abdul Gani dan Sultan Agung.

Apalagi, terdengar kabar di Kota Batu akan dilangsungkan even penerbangan ribuan lampion pada malam pergantian tahun 2017.

Even penerbangan ribuan lampion ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu. Tujuan dilaksanakannya even ini agar dapat menarik dan menambah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Wakil Ketua PHRI Kota Batu, Titik S Ariyanto mengatakan, ada 1500-an lampion yang akan diterbangkan di langit Kota Batu pada malam pergantian tahun nantinya. “Even ini yang pertama kalinya dilaksanakan. Biasanya malam pergantian tahun diisi dengan pesta kembang api, tapi kali ini kami mencoba memberi kesan beda pada wisatawan,” tuturnya menjelaskan.

Penerbangan ribuan lampion tersebut rencananya akan dilaksanakan di hotel-hotel yang tergabung dalam PHRI. Saat ini, ada 79 hotel, restoran dan tempat wisata yang tergabung di PHRI Kota Batu. Akan tetapi, kata Titik, hanya di 20 hotel saja lampion tersebut akan diterbangkan.

“Penerbangannya hanya di hotel bintang 3 ke atas. Target kami, setiap tamu di satu kamar hotel menerbangkan satu lampion,” ungkap Titik.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Sainal Abidin turut memberi apresiasi atas rencana penerbangan ribuan lampion ini. Menurutnya, even ini sangat inovatif. “Ini semua inisiatif PHRI, termasuk penyediaan anggarannya. Kami sudah imbau semua hotel agar sebisanya dapat berpartisipasi jika memungkinkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin menikmati pesta kembang api, silahkan berkunjung ke Balai Kota Among Tani, Kota Batu pada malam pergantian tahun.

Menyikapi perkiraan padatnya wisatawan di Kota Batu akhir tahun ini, Pemkot Batu mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak menggunakan kendaraan roda empat. Imbauan ini mulai berlaku pada tanggal 28 Desember hingga 1 Januari 2017 mendatang.

Disampaikan Kabag Humas Pemkot Batu, Santi Restuningsasi, Selasa (27/12), imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani Sekda Kota Batu dan disebar ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Agar mengurangi volume kendaraan, kami sarankan ASN agar menggunakan sepeda dan motor atau menggunakan angkot untuk menuju ke kantor masing-masing,” ujar Santi.

Santi menambahkan, imbauan ini diberlakukan demi kenyamanan Kota Batu sebagai destinasi wisata terbesar di Jawa Timur. Sebagai tuan rumah yang baik, kami mengalah untuk tidak bawa mobil. Lagipula, imbauan ini tidak berlaku selamanya. Hanya akhir tahun saja,” katanya.

Be the first to comment on "Libur Akhir Tahun, Wisatawan Membludak di Kota Batu"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*