Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemegahan Pos Lintas Batas Negara Motaai

Desain PLBN Motaai

NavigasiNews – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono rencananya akan meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berbatasan dengan negara Timor Leste besok.

Seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR, Selasa (27/12/2016), selain meresmikan PLBN Motaain, Jokowi dan Basuki juga akan melihat PLBN lainnya di NTT yakni PLBN Motamassin di Kabupaten Malaka yang dalam tahap penyelesaian akhir pekerjaan. Pembangunan Dua PLBN tersebut telah dimulai sejak November 2015 lalu.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya melakukan pembangunan PLBN Motaain menggantikan pos lama di atas lahan seluas 8,03 hektar. Pembangunan dimulai sejak tahun 2015 dengan pendanaan sebesar Rp 82 miliar.

Bangunan PLBN Motaain meliputi zona inti yang terdiri dari bangunan utama PLBN, gedung pemeriksaan kendaraan dan power house.

Sementara untuk pengembangan PLBN akan dilanjutkan tahun 2017 meliputi pembangunan mess pegawai, wisma Indonesia, car wash, x-ray mobile, pasar perbatasan, lapangan olah raga, pos Pamtas TNI dan pos Polri.

Arsitektur bangunan PLBN Motaain mengadopsi arsitektur rumah adat masyarakat Belu. Sementara ornamen sun shading pada atap bangunan pemeriksaan kendaraan pribadi mengadaptasi corak tenun setempat.

Sementara pembangunan PLBN Motamassin di Kabupaten Malaka yang juga perbatasan antara RI-Timor Leste dilakukan di atas lahan seluas 11,29 hektar. Pembangunan dilakukan sejak tahun 2015 dengan pembiayaan sebesar Rp 128 miliar.

Be the first to comment on "Kemegahan Pos Lintas Batas Negara Motaai"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*