Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jokowi Tepis Isu Penggunaan Bebas Visa Warga Tiongkok

Presiden Jokowi menanggapi isu banyaknya tenaga kerja cina ilegal

Navigasinews – Desas-desus kedatangan jutaan warga Tiongkok ke Indonesia memang akhir-akhir ini kerap jadi perbincangan hangat publik. Pertanyaan bermunculan seputar isu kedatangan mereka. Disinyalir, warga Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia tersebut adalah tenaga kerja illegal yang menggunakan kebijakan bebas visa untuk bebas memasuki wilayah Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai menghadiri acara Deklarasi Pemagangan Nasional di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat, Jumat (23/12), menanggapi isu masuknya warga Tiongkok tersebut ke Indonesia. Secara tegas, Jokowi mengatakan bahwa mereka wisatawan.

Menurut Jokowi, kebijakan bebas visa hanya berlaku bagi kepentingan pariwisata, bukan untuk pekerjaan. Hal itu diterapkannya sebagai salah satu upaya meningkatkan sektor pariwisata nasional yang kian berkembang. Apalagi setelah Indonesia menyabet 12 dari 16 kategori di World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang semakin menguatkan Indonesia sebagai destinasi wisata favorit dunia.

“Kebijakan itu untuk turis, bukan untuk kerja. Kalau ada yang ilegal ya tugasnya imigrasi dan Kemenaker untuk menindak,” tutur Jokowi menegaskan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden sempat mempertanyakan isu mengenai sepuluh juta tenaga kerja Tiongkok yang memasuki Indonesia. Dipaparkannya, berdasarkan data resmi milik pemerintah, saat ini tenaga kerja Tiongkok hanya berada di angka 21 ribu orang saja.

“Sudah jangan ditambahkan nol terlalu banyak,” kata Jokowi.

Terkait evaluasi kebijakan bebas visa, Jokowi meyakini kabinetnya, terutama Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) telah mengantisipasi kemungkinan yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut.

Ia mengatakan, “semua negara sama, pasti mengantisipasi apa-apa saja yang bisa membahayakan, yang tidak produktif, yang harus ditutup, dan yang harus diberikan bebas visa baru. Saya kira Kemenlu sudah paham hal tersebut,” jelasnya.

Be the first to comment on "Jokowi Tepis Isu Penggunaan Bebas Visa Warga Tiongkok"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*