Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

3 Kawasan Industri di Luar Jawa Mulai Beroperasi

Sei Mangkei, salah satu kawasan industri di luar Jawa yang mulai beroperasi tahun ini

NavigasiNews – Hingga 2016, ada 3 kawasan industri baru yang terbangun dari target 14 kawasan industri di luar Jawa hingga 2019. Ketiga kawasan industri yang telah beroperasi, yaitu Sei Mangkei, Morowali, dan Bantaeng.

“Dari evaluasi, 14 kawasan industri itu ternyata 3 kawasan itu selesai bisa lebih cepat, yaitu Morowali, Sei Mangkei, dan Bantaeng,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri, Imam Haryono, Senin (26/12/2016).

Ketiga kawasan industri yang baru tersebut diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang pada akhirnya bisa membuka lapangan kerja baru di daerah luar Jawa.

“Dengan terbangunnya kawasan industri baru di luar Jawa adalah suatu pencapaian yang menggembirakan karena akan menyediakan lahan bagi adanya investasi industri maupun perluasan industri. Hal ini akan mempercepat pembangunan industri ke luar Jawa dalam mewujudkan Indonesia sentris,” imbuhnya.

Saat ini investor kawasan industri didukung oleh pemerintah terkait infrastruktur pendukungnya. Ke depan nantinya terkait pembebasan lahan, dan perizinan lainnya akan didorong dipermudah bagi pengusaha.

“Industri yang dimiliki swasta memiliki dukungan pemerintah terkait akses jalan, tol, pelabuhan, infrastruktur air, infrastruktur listrik, pemerintah yang mengembangkan infrastruktur, pemerintah memasukkan ini sebagai proyek prioritas nasional, karena tujuanya untuk meningkatkan investasi,” imbuhnya.

Dari ketiga kawasan industri tersebut diperkirakan akan menyerap 326.500 tenaga kerja baru. Rinciannya, untuk kawasan industri Sei Mangkei diperkirakan akan menyerap sekitar 83.300 orang, Morowali sekitar 80.000 tenaga kerja, dan Bantaeng sebanyak 163.200 tenaga kerja baru.

Selain itu ada 3 kawasan industri yang sedang dalam tahap pembangunan, yaitu Palu, Bitung, dan Konawe. Sedangkan 8 kawasan industri lainnya masih dalam tahap perencanaan.

Untuk 3 tahun ke depan, juga akan dilakukan percepatan pembangunan Kawasan lndustri Tanjung Buton, Dumai, Berau, Tanah Kuning, JIIPE (Gresik), Kendal, dan Kawasan Industri Terpadu Wilmar di Serang (Banten). Sampai saat ini, terdapat 73 kawasan industri yang telah beroperasi di seluruh Indonesia.

Be the first to comment on "3 Kawasan Industri di Luar Jawa Mulai Beroperasi"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*