Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Wapres: Dari 75 Organisasi Internasional, yang Pasti Keluar 20

Foto: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

NavigasiNews – Jika sebelumnya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyebutkan pemerintah tengah mengevaluasi keanggotaan Indonesia dalam 75 organisasi internasional, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) justru mengerucutkan untuk berhenti pada 20 organisasi internasional.

“Soal organisasi internasional yang saat ini sedang dipertimbangkan untuk dihentikan 75. Tetapi dari 75 itu yang pasti itu adalah beberapa, puluhanlah, 10 atau 20, tidak besar,” kata JK, di Jakarta, Jumat (23/12).

Menurut Wapres, keputusan keluar didasari karena sejumlah organisasi internasional dinilai tidak terlalu penting. Sebagai contoh, organisasi hansip internasional. “Banyak organisasi yang mungkin kurang penting atau aneh saja,” kata JK.

JK memastikan bahwa organisasi internasional yang tidak akan dilanjutkan tidak mencapai 10 persen dari total organisasi yang selama ini diikuti Indonesia. Oleh karena itu, lanjutnya, tidak akan memengaruhi rencana Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat ini Indonesia menjadi anggota di hampir 250 organisasi internasional.

Sebelumnya dalam rangka efisiensi anggaran, Pemerintah Indonesia mengevaluasi keanggotaan dalam 75 organisasi internasional. Hal itu diputuskan dalam rapat terbatas (ratas) yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, pada Kamis (22/12). Ditemui usai ratas, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan terdapat tiga prinsip yang diangkat dalam menentukan keanggotaan Indonesia di organisasi internasional, yaitu prinsip kemanfaatan dari segi politik, ekonomi sosial dan budaya, aspek ketersediaan dana dari negara dan aspek pencegahan duplikasi tujuan organisasi.

Dia mengungkapkan dana negara untuk iuran organisasi internasional itu cukup besar, sehingga perlu dilakukan evaluasi bagi Indonesia.

Berdasarkan data, kantor Sekretariat Kabinet (Setkab), Indonesia saat ini menjadi anggota di 233 organisasi internasional. Dari jumlah itu, 112 keanggotaan di organisasi internasional bersifat strategis dan permanen sehingga akan tetap dilanjutkan. Kemudian 46 keanggotaan bersifat teknis.

Be the first to comment on "Wapres: Dari 75 Organisasi Internasional, yang Pasti Keluar 20"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*