Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Resmikan Lembaga Manajemen Aset Negara, Sri: Optimalisasi Pengelolaan Aset Negara Perlu Ditingkatkan

Peresmian Lembaga Manajemen Aset Negara

NavigasiNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani hari ini meresmikan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. LMAN adalah Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan.

LMAN dibentuk untuk mendukung optimalisasi manajemen aset negara guna meningkatkan manfaat ekonomi dan sosial sekaligus menggali potensi return on assets dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari barang milik negara.

Awalnya LMAN bertugas untuk mengelola aset negara, kini LMAN mendapatkan tugas baru yaitu perencanaan pendanaan dan pendayagunaan lahan landbank serta pembayaran ganti rugi pengadaan tanah.

“Untuk memikirkan secara terus menerus bagaimana melakukan optimalisasi manajemen aset negara,” jelas Sri Mulyani dalam acara peluncuran Lembaga Manajemem Aset Negara (LMAN) di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

LMAN mendapatkan alokasi pembiayaan investasi pada APBNP 2016 sebesar Rp 16 triliun untuk mendukung pengadaan lahan. Selanjutnya, pada tahun 2017 telah dialokasikan dana pembebasan lahan untuk 50 proyek lainnya baik jalan tol, transportasi, maupun bendungan.

“LMAN selain aset yang diperoleh dia dapat dari PMN APBNP 2016 ada Rp 16 triliun lebih tujuannya untuk membeli tanah dalam rangka mendukung proyek strategi nasional,” ujar Sri Mulyani.

Dirinya berharap, adanya LMAN mampu meningkatkan nilai aset negara. Sehingga negara tidak hanya membayar beban pemeliharaan aset tanpa mendapatkan penerimaan yang mumpuni dari aset yang ada.

“Kalau di LMAN kalau belanja RP 16 triliun saya katakan setiap Rp 1 dibelanjakan apapun uang itu harus bekerja ekstra keras. Kalau dibelanjakan dan produktif bisa ciptakan leverage,” kata Sri Mulyani.

Be the first to comment on "Resmikan Lembaga Manajemen Aset Negara, Sri: Optimalisasi Pengelolaan Aset Negara Perlu Ditingkatkan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*