Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Wiranto Beberkan Proses Pemilihan Oesman Sapta jadi Ketum Hanura

Ketua Umum Partai Hanura Wiranto memberikan pidato dalam acara pembukaan Munaslub 2016 Partai Hanura di Jakarta, Rabu (21/12). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

Navigasinews – Wiranto mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum Partai Hanura dan akan digantikan oleh Oesman Sapta Odang (OSO).

Wiranto menjelaskan, pemilihan Oesman sebagai Ketua Umum dilakukan lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) partai. Namun, pemilihan dilakukan secara aklamasi lantaran hanya satu calon.

“Partai Hanura punya tradisi, kita kedepankan musyawarah yang mufakat, biar cukup elegan, maka akan muncul satu nama, yang secara aklamasi kita dorong dalam acara Munaslub ini,” ungkap Wiranto di Kantor DPP Hanura, Jalan Mabes Hankam, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (21/12/2016).

Wiranto menyatakan, sebelum nama Oesman Sapta mencuat, ada beberapa nama lain yang dinilai berpotensi menjadi ketua umum, baik dari kader maupun eksternal. Mereka yang sempat masuk bursa antara lain Yuddy Chrisnandi, Saleh Husin, serta Nurdin Tampubolon dan mantan Panglima TNI, Purn. Jenderal Moeldoko.

Namun begitu, nama Oesman Sapta yang akhirnya terpilih sebagai pengganti Wiranto melalui musyawarah mufakat tadi. Jadi, nama Oesman Sapta, menurut Wiranto, juga bukan asal menunjuk.

“Kebiasan kita kan pakai musyawarah mufakat, itu yang kita pakai. Sama teman-teman syarat pemimpin kita ini, calonnya ini, silakan hitung, dan yang ketemu Pak OSO. Ketum yang baru belum paham sikon partai, saya bersama-sama susun kembali kepengurusan Hanura,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wiranto menegaskan, terpilihnya Oesman Sapta sebagai Ketua Umum tidak akan merubah haluan politik Hanura. Sebab, sudah ada pakta integritas yang harus dipenuhi oleh setiap ketua umum.

“Bukan seperti nerima kendaraan bekas terus pakai, tapi ada pakta integritas, yang menjamin kesinambungan politik. Tanpa itu kita tidak akan pilih pak OSO,” pungkas dia.

Be the first to comment on "Wiranto Beberkan Proses Pemilihan Oesman Sapta jadi Ketum Hanura"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*