Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jepang Tawarkan Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

NavigasiNews – Pemerintah Jepang dikabarkan menawarkan salah satu perusahaan asal Negeri Sakura untuk membangun proyek kereta api (KA) semicepat Jakarta-Surabaya.

Namun, Pemerintah Indonesia masih menunggu hasil kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ke Jepang.

Demikian salah satu hasil pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Duta besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki saat bertemu di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemhub), Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula beberapa proyek infrastruktur transportasi di Indonesia lainnya yang rencananya akan dikerjasamakan oleh kedua negara selain KA semicepat Jakarta-Surabaya. Salah satu di antaranya adalah rencana pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pemerintah tengah merencanakan pembangunan Pelabuhan Patimban yang pembangunannya akan menggunakan pinjaman lunak dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan dapat terintegrasi dengan Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta dalam rangka meningkatkan efisiensi distribusi logistik di Indonesia.

Dalam pertemuan bersama dengan duta besar Jepang untuk Indonesia ditetapkan pula kunjungan Menteri Infrastruktur dan Transportasi Jepang ke Indonesia pada tanggal 28-29 Desember 2016.

Kunjungan Menteri Transportasi Jepang ke Indonesia di antaranya untuk bertemu dengan Menteri Perhubungan RI untuk membahas beberapa proyek transportasi.

Selain dijadwalkan bertemu Menhub pada 29 Desember 2016, sehari sebelumnya pada 28 Desember 2016, Menteri Transportasi Jepang juga akan mengunjungi Pelabuhan Patimban.

Be the first to comment on "Jepang Tawarkan Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*