Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Cegah Pesawat Jatuh Lagi, Komisi I Dorong Reformasi Alutsista TNI

Foto: Istimewa

NavigasiNews – Anggota Komisi I DPR fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Charles Honoris mendorong agar‎ pemerintah serta pihak TNI melakukan reformasi dala segi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Hal tersebut diungkapkan Charles menyusul adanya kembali insiden kecelakaan pesawat milik TNI di daerah Wamena, Papua, dengan korban tewas sebanyak 13 orang.

“TNI harus melakukan investigasi komprehensif terkait perawatan dan pengelolaan skuadron pesawat miliknya. Harus ada reformasi pengelolaan alutsista di tubuh TNI,” ujar Charles saat pada Selasa, (20/12/2016).

Kendati ia belum dapat berkomentar banyak terkait hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat milik TNI AU tersebut. Menurutnya, banyak kemungkinan penyebab kecelakaan pesawat itu.

“(Pesawat) Hercules tipe ini memang sudah tua karena pabrikan tahun 1964. Tetapi bukan berarti usia pesawat tersebut membuatnya tidak aman untuk diterbangkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Charles, memang banyak proses untuk pengadaan alutsista baru terutama dalam segi penerbangan seperti pesawat TNI. Namun demikian, hal tersebut perlu dijadikan evaluasi penting untuk mengurangi angka kecelakaan.

“Ini tentunya harus menjadi bahan evaluasi bagi TNI AU terkait perawatan dan pengelolaan pesawat terbang TNI,” tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Pesawat Hercules jenis C-130 HS dengan nomor registrasi A – 1334 yang mengangkut 13 prajurit TNI AU mengalami kecelakaan di sekitaran Bandara Wamena, Papua, pada Minggu, 18 Desember 2016.

Dalam kecelakaan ini, pesawat tersebut mengangkut 13 penumpang. Dimana, sebanyak 12 prajurit TNI yang tewas ada didalam pesawat tersebut akan menjalani misi latihan peningkatan kemampun penerbangan.

Sementara itu, satu korban lainnya yakni Kapten Rino adalah penumpang yang akan kembali ke Kesatuan Radar‎ (Satrad) di Biak, Papua, dengan menumpang pesawat tersebut dari Lanud Abdur Rahman Saleh, Malang.

Be the first to comment on "Cegah Pesawat Jatuh Lagi, Komisi I Dorong Reformasi Alutsista TNI"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*