Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pembahasan RUU Redenominasi Akan Dipercepat

Ilustrasi redenominasi mata uang rupiah

NavigasiNews – Anggota Komisi XI DPR, Said Abdullah mengatakan pihaknya siap mempercepat pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi rupiah di DPR. Sebab, redenominasi dinilai bisa memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.‎

”Saya mengapresiasi langkah Agus sebagai Gubernur BI dan DPR siap, khususnya Komisi XI akan mempercepat proses penyelesaian pembahasan RUU tersebut,” kata Said saat dihubungi, Senin (19/12).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, redenominasi rupiah memang dibutuhkan agar nilai rupiah lebih sederhana. Masyarakat pun akan lebih mudah bertransaksi keuangan karena nilainya yang lebih kecil.

Ia menyadari, undang-undang redominasi memang sangat mendesak, bukan hanya dari sisi sederhana dan efisiennya, akan tetapi saat ini sudah pada tingkat sangat dibutuhkan hadirnya UU Redenominasi. ”Agar masyarakat kita lebih mudah melakukan transaksi perdagangan dan ada kebanggaan atas nilai tukar dari sisi masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk penyelesaian Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi rupiah. Dengan adanya RUU tersebut maka jumlah digit pada uang rupiah akan berkurang.

”Kami juga ingin usulkan kepada Presiden, mohon mendukung proses penyelesaian RUU redominasi rupiah,” kata Agus di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/12).

Be the first to comment on "Pembahasan RUU Redenominasi Akan Dipercepat"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*