Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Rp 11 T Dana Tax Amnesty Ditampung BRI

Bank BRI menampung Rp 11 T uang repatriasi

NavigasiNews – Menjelang penutupan periode II Tax Amnesty, PT Bank BRI Tbk (BBRI) menampung Rp 11 triliun dana repatriasi program tax amnesty hingga 16 Desember 2016. Repatriasi tersebut paling banyak berasal dari Singapura dan Amerika Serikat (AS).

“Dana repatriasi Rp 11 triliun hingga Jumat kemarin. Desember kan ini belum berakhir, kebanyakan berasal dari negara Singapura dan AS, yang saya ingat 2 itu,” kata Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo.
Jumlah tersebut meningkat Rp 2 triliun dari November lalu sebesar Rp 9 triliun. Ia memperkirakan hingga akhir periode II tax amnesty masih banyak dana repatriasi yang akan masuk ke Indonesia.

Hal itu karena pada Oktober lalu dana repatriasi yang dilaporkan mencapai sekitar Rp 142,6 triliun, tetapi baru ada sekitar Rp 41 triliun dana yang benar-benar masuk perbankan.

Haru memprediksi hingga Desember akhir nanti dana repatriasi yang datang akan meningkat karena masih banyak yang belum menunaikan kewajibannya yang harus dibayar hingga 31 Desember 2016.

“Iya masih ada, kita tunggu nanti sampai 31 Desember. Kemungkinan masih bertambah lagi. Mungkin sudah ada yang terepatriasi tapi sebagian belum setor. Secara nasional, waktu itu di acara OJK catatannya yang janji mau masuk itu ada Rp 143 triliun, tapi yang masuk baru Rp 40 triliunan. Jadi proposionalnya masih banyak yang belum,” imbuhnya.

Sementara itu, hingga 16 Desember kemarin, jumlah uang tebusan yang masuk melalui BRI mencapai Rp 3 triliun. Jumlah Wajib Pajak (WP) yang mengikuti tax amnesty pada periode II ini tergolong lebih sepi daripada periode I kemarin.

Haru menjelaskan, dari sisi perbankan banyak orang yang memanfaatkan momen saat periode I, tetapi ada juga yang masih mengkalkulasikan jumlah hartanya sehingga diperkirakan akhir Desember akan membludak seperti akhir periode I kemarin.

“Kalau dilihat dari sisi bank-nya kemarin orang-orang sangat memanfaatkan momen dan ambil keputusan cepat langsung daftar untuk repatriasi. Sebagian yang belum mungkin karena belum kalkulasikan, jadi masih hitung-hitung dulu, tapi masih ada 1 minggu lagi. Mungkin seperti September kemarin yang di akhir-akhir akan lebih banyak membludak,” kata Haru.

Be the first to comment on "Rp 11 T Dana Tax Amnesty Ditampung BRI"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*