Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Rini Soemarno: UMKM Patenkan Produk Baru Agar Tidak Dicuri Orang

Ilustrasi produk UMKM

NavigasiNews – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengingatkan para pelaku UMKM agar tidak lupa mengurus hak paten produk. Ini sangat penting, terutama bagi UMKM yang berorientasi ekspor.

“Kalau produknya adalah produk baru, perlu dipatenkan. Kalau dijual ke luar ntar (bisa) diambil orang lain,” ungkap Rini di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

Rini juga menyarankanagar kemasan dibuat lebih menarik bagi konsumen. Rini menilai banyak produk bagus yang sudah dihasilkan, akan tetapi karena kemasannya biasa saja, konsumen tidak tertarik untuk membeli.

Rini juga mengharapkan agar UMKM bisa memanfaatkan akses pembiayaan dari perbankan. Sehingga bisa mendorong peningkatan kapasitas produksi.

“Dengan pembiayaannya kalau tadi mau bikin 100 sekarang mau bikin 1.000 bisa saja,” ujarnya.

UMKM di Indonesia memiliki peluang untuk tumbuh lebih pesat dari yang sekarang. Tidak hanya untuk tataran pasar dalam negeri, akan tetapi juga global.

“Saya rasa perlu kita terus mengumandangkan untuk kita dilakukan di seluruh pelosok indonesia sehingga UMKM itu dapat berkembang dengan pesat dan juga dapat meraih masa tingkat dunia,” pungkasnya

Be the first to comment on "Rini Soemarno: UMKM Patenkan Produk Baru Agar Tidak Dicuri Orang"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*