Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemendes Harap Perguruan Tinggi Swasta Dapat Tingkatkan SDM Perdesaan

Menteri Desa dan Pembangunan Darah Tertinggal, Eko Putro Sandjojo

Navigasinews- Menteri Desa, Pembangunan  Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, jika pihaknya berharap Perguruan Tinggi Swasta dapat berkontribusi dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di perdesaan. Apalagi Pemerintah sudah mengucurkan anggaran yang cukup besar melalui program alokasi dana desa.

“SDM di perdesaan semakin mendesak (untuk) ditingkatkan, mengingat potensi ekonominya yang cukup besar dan adanya dana desa,” ujar Menteri Eko.

Program dana desa yang disertai hingga 40 ribu orang pendamping desa, sudah dijalankan pemerintah, namun masih dinilai kurang efektif untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Perdesaan di tengah peluang ekonomi desa yang menguntungkan.

“Oleh karena itu, peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan” tegasnya.

Menteri Eko menjelaskan, Kemendes sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understading) untuk membentuk program Perguruan Tinggi untuk Desa.

Sejak terbentuknya program Perguruan Tinggi untuk Desa pada Januari 2016 lalu, program yang beranggotakan sebanyak 12 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia tersebut telah menyelenggarakan 5.000 program Pengabdian Masyarakat, tentunya juga untuk pendamping desa. Harapannya, program tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM di wilayah perdesaan.

“Kalau pendampingan terus dilakukan, maka kualitas SDM perdesaan bisa meningkat yang otomatis bisa mempercepat pembangunan desa,”pungkasnya.(GS)

Be the first to comment on "Kemendes Harap Perguruan Tinggi Swasta Dapat Tingkatkan SDM Perdesaan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*