Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Uang Baru Beredar, Uang Lama Masih Berlaku 5 Tahun Kedepan

Uang yang saat ini beredar masih berlaku lima tahun kedepan

NavigasiNews – Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 pada Senin 19 Desember 2016 mendatang. Masyarakat diberi waktu untuk menukar uang rupiah desain lama ke desain yang baru.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, masyarakat yang masih pegang rupiah desain lama diberi waktu 5 tahun untuk menukarkan uang tersebut ke cabang BI di seluruh Indonesia.

Ia menambahkan, setelah periode lima tahun masyarakat tetap bisa menukarkan uang lama di cabang-cabang BI seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun setelah pengumuman penarikan.

“Jadi yang kita cetak sekarang ini, kita dapat karena yang masih dibutuhkan oleh masyarakat secara luas. Jadi kami melakukan survei ke seluruh wilayah Indonesia, sampai pecahan mana yang masih dibutuhkan secara banyak,” kata Suhaedi dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jumat (16/12/2016).

Dalam survei yang dilakukan BI kepada responden seluruh Indonesia ditemukan bahwa permintaan uang pecahan Rp 50 dan Rp 25 masih rendah. Meski demikian, persediaan uang tersebut masih ada.

“Inilah pentingnya edukasi kita, sosialisasi kita supaya masyarakat bisa lebih cepat paham, literate mengenai ciri-ciri tentang keaslian uang,” tambah Suhaedi menjelaskan bahwa sosialisasi 3D paling efektif dilakukan.

Menurut Suhaedi, sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan pengeluaran, pengedaran, dan/atau pencabutan dan penarikan rupiah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat.

“Penerbitan uang baru dilakukan agar pertumbuhan ekonomi sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Be the first to comment on "Uang Baru Beredar, Uang Lama Masih Berlaku 5 Tahun Kedepan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*