Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Presiden Jokowi Perintahkan Kementerian PUPR Tangani Bangunan Terdampak Gempa Aceh

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi daerah terdampak gempa, di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh

Navigasinews- Gempa yang melanda Aceh beberapa waktu lalu telah memporak-porandakan bangunan rumah masyarakat, sekolah, akses transportasi hingga gedung-gedung pemerintahan dan fasilitas umum lainnya. Sedangkan, pelaksanaan Pilkada serentak di 21 daerah di Aceh akan segera dilakukan.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajarannya, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera menangani renovasi dan rekonstruksi bagi gedung-gedung terdampak gempa di Aceh

“Karena akan ada pelaksanaan  Pilkada serentak di 21 daerah di Aceh, maka penanganan rekonstruksi rehabilitasi akan dilakukan secara langsung oleh Kementerian PUPR baik untuk rumah, jalan, pasar, fasilitas sosial, dan sebagainya,” ujar Sekertaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung pada Jumat (16/12/2016).

Keputusan penyerahan penanganan bangunan terdampak gempa kepada Kementerian PUPR, merupakan salah satu keputusan yang telah diambil melalui rapat kabiner terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pramono mengatakan, anggaran untuk keperluan pembangunan sudah disediakan melalui keputusan Menteri Keuangan. Pola seperti ini adalah hikmah pelajaran yang didapat dari bencana sebelumnya, yakni pengalaman mengatasi bencana tsunami Aceh 2004. Ia berharap supaya mekanisme seperti ini tidak bermasalah.

“Mekanisme Keuangannya diharapkan tidak bermasalah di kemudian hari,”katanya.

Pramono juga mengatakan, atas perintah Presiden, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Meteri PUPR dan Kementerian terkait agar segera melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh Presiden.(GS)

Be the first to comment on "Presiden Jokowi Perintahkan Kementerian PUPR Tangani Bangunan Terdampak Gempa Aceh"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*