Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

MK Tolak Gugatan Terhadap UU Tax Amnesty

Mahkamah Konstitusi

Navigasinews- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan terhadap Undang-undang No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty.

Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna mengatakan, tidak ada hal yang bertentangan pada pasal-pasal dalam UU Tax Amnesty yang dijadikan dasar pengampunan pajak tesebut.

“Bahwa dalam pasal 1 ayat 1 serta pasal 20 dalam UU No 11 tahun 2016 tidak terdapat adanya suatu hal yang bertentangan dengan undang-undang dasar,” katanya saat sidang di Gedung MK, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Palguna menyatakan bahwa kata “Penghapusan Pajak” dalam pasal 1 Undang-undang yang dimaksud bermakna pengampunan pajak bagi indivdu yang tidak mendaftar sebagai wajib pajak atau pajak terhutang.

Dalam Undang-undang Tax Amnesty, jelas Gede Palguna, Pemerintah tidak serta merta dapat menerima semua permintaan pengampunan wajib pajak maupun pajak terhutang. Seseorang tidak diperbolehkan mengikuti  program Tax Amnesty jika pajak terhutang terbukti sedang dalam proses peradilan pajak. Hal ini kemudian menjadi pertimbangan Mahkamah Konstitusi menolak Permohonan gugatan.

“Sehingga dengan pertimbangan tersebut, maka Mahkamah berpendapat bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima,” jelas Hakim Konstitusi Palguna.

Sebelumnya, Undang-undang tentang Pengampunan Pajak ini digugat pihak penggugat karena UU dimaksud dinilai sudah menyalahi amanat UU 1945. Mereka yang menggugat antara lain, Yayasan Satu Keadilan, Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia, Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia.

Gugatan UU Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty  ini didasari oleh anggapan pihak penggugat yang melihat bahwa UU tersebut sudah menyalahi aturan dan mendiskriminasikan masyarakat di hadapan hukum. Para penggugat menilai, regulasi pengampunan pajak dapat dijadikan alasan otoritas pajak untuk membebaskan para pengemplang pajak dan pelaku pencucian uang dari jeratan hukum.(GS)

Be the first to comment on "MK Tolak Gugatan Terhadap UU Tax Amnesty"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*