Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kunjungi Iran, Presiden Jokowi Berharap Indonesia-Iran Dapat Jalin Kerjasama Positif

Presiden Jokowi (kiri) saat bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani (kanan)

Navigasinews- Kunjungan Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo ke Iran bukan tanpa tujuan. Ada banyak agenda yang akan dilakukan presiden Jokowi dalam kunjungannya. Selain untuk menjalin dan menjaga hubungan baik antara Indonesia dengan Iran, keberadaan presiden Jokowi di Iran juga berupaya menyepakati berbagai kerja sama Indonesia-iran.

Menteri Retno menyebutkan, akan ada sederet kerja sama yang akan terjalin antara Indonesia dan Iran, yaitu dalam bidang keamanan dan sumber daya energi.

“Ada tiga, pertama kerja sama di bidang mutual legal assistance, kedua adanya kerja sama di bidang ekstradisi, dan ketiga MoU di bidang electricitydan renewable energy,” ujar Menlu Retno LP Marsudi di Hotel Espinas, Teheran, Iran, Rabu (14/12/2016).

Menteri Retno mengungkapkan, jika kerja sama di bidang ekonomi melalui investasi juga menjadi perhatian dalam lawatan presiden ke Iran. Kerjasama tersebut diketahui masih menunggu finalisasi. Presiden juga membawa rombongan Chief Executive Officer (CEO) Indonesia yang nantinya dapat dipertemukan dengan para CEO Iran.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kunjungan Kenegaraan Presiden Jokowi, hadir juga menteri anggota Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.(GS)

Be the first to comment on "Kunjungi Iran, Presiden Jokowi Berharap Indonesia-Iran Dapat Jalin Kerjasama Positif"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*