Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Mentan: Ajak Eks Teroris Bertani di Poso

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Navigasinews – Menteri Pertanian Amran Sulaiman bergabung dengan warga Desa Masamba, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah dalam melakukan panen raya. Amran menyebut kegiatan ini sekaligus mengajak pendekatan kepada masyarakat eks teroris untuk bertani agar menjadi lebih sejahtera.

Saat panen, Amran menaiki Alsintan atau Alat Mesin Pertanian yang didampingi Bupati Poso Darmin Sigilipu dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Amran mengemudikan sendiri Alsintan tersebut dan ditemani petani lokal.

Gubernur Sulawesi Tengah Darmin Sigilipu mengatakan, menurut data BPS produksi padi di kabupaten Poso pada tahun 2015 sekitar 123.000 gabah ton, meningkat 15% dibandingkan tahun 2014.

Sementara itu, Amran menyebut kegiatan ini sekaligus mendekatkan kepada eks teroris untuk bertani supaya mendapatkan kesejahteraan. Di mana sebelumnya Poso dikenal sebagai daerah tempat persembunyian kelompok radikal Santoso.

“Yang terpenting ada saudara-saudara kita yang eks teroris, ini yang menjadi penting ini pendekatannya harus kesejahteraan sehingga dengan Panglima, Pak Kasad, itu pak Gubernur, Bupati ajak mereka, kami siapkan alsintan untuk bertani,” kata Amran, di lokasi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12/2016).

“Ajak mereka kalau mereka sejahtera insya Allah nggak macam-macam. Itu pendekatannya sejahtera. Kalau orang sejahtera biasanya pikirannya positif, ini kita ubah,” imbuhnya.

Nantinya akan ada tambahan Alsintan dan benih padi. Amran menyebut hal itu dilakukan untuk membangun Indonesia dari daerah pinggiran.

“Ini kita lakukan di Poso tahun lalu itu minta Alsintan. Itu nanti kita tambah lagi atas inisiatif Pak Pangdam pak Kasad, dan itu perintah Presiden membangun dari pinggiran,” imbuhnya.

 

Be the first to comment on "Mentan: Ajak Eks Teroris Bertani di Poso"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*