Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Eka Sastra: Perayaan Maulid Internasional Perkenalkan Tradisi masyarakat Cikoang dan Patte’ne

Eka Sastra (Anggota DPR-RI Fraksi Partai Golongan Karya)
Eka Sastra (Anggota DPR-RI Fraksi Partai Golongan Karya)

Navigasinews – Perayaan Maulid Internasional digelar di Ancol Beach City, Jakarta Utara, Senin (12/12/2016). Eka Sastra, selaku ketua panitia pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan keagamaan tersebut dilaksanakan sekaligus memperkenalkan tradisi masyarakat pesisir Cikoang dan Patte’ne.

Masyarakat di pesisir pantai Desa Cikoang, Kabupaten Takalar dan Desa Patte’ne , Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, memeriahkn peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara yang khas. Kebudayaan tersebut dikenal sebagai Maudu Lompoa.

Dalam acara tersebut, masyarakat menghiasi perahu dengan membuat layar dari berbagai kain yang dimiliki. Mulai dari seprai, sarung, hingga baju-baju kaos. Semuanya dipilih yang berwarna terang hingga perahu terlihat meriah.

Eka satra yang juga anggota Fraksi Partai Golkar di DPR-RI tersebut mengungkapkan, kegiatan maulid internasional ini juga diharapkan dapat menjadi sumbangsih masyarakat Sulawesi Selatan dalam menggalakkan kunjungan wisata dengan mempromosikan salah satu ekspresi nilai keagamaan dan kultural masyarakat Sulawesi Selatan ke kancah nasional dan Internasional.

Dari pantauan Navigasinews.com kegiatan maulid internasional berlangsung sangat meriah. Kegiatan disambut penuh antusias oleh lebih dari 1500 peserta.

Festival berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan akan berakhir pada 22.30 WIB. Acara dimulai dengan beberapa lomba termasuk lomba Kaddo Minya’, setelah itu arak-arakan 33 perahu maulid berlayar memasuki pantai yang akan disambut oleh 33 pemuda yang masing-masing membawa satu Kaddo Minya’.

Pada sore hari, pengunjung akan dihibur oleh lantunan suara lembut Ully Sigar Rusady dan persembahan tari Seudati dari Aceh. Malam Hari pengunjung masih akan disuguhi berbagai hiburan, mulai Barazanji, penampilan seniman dari negara sahabat, 60 pemain musik perkusi berkolaboasi dengan Gilang Ramadhan, hingga pembacaan puisi.

Be the first to comment on "Eka Sastra: Perayaan Maulid Internasional Perkenalkan Tradisi masyarakat Cikoang dan Patte’ne"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*