Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Siapkan Keuangan Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi Liburan

NAVIGASINEWS – Aroma liburan sudah terasa, hari Natal dan liburan akhir tahun akan datang sebentar lagi. Tinggal menunggu kurang beberapa minggu lagi, maka tibalah saatnya liburan.

Menjelang liburan akhir tahun, sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai merencanakan apa yang akan dilakukan saat liburan nanti.

Sebenarnya liburan juga bisa dilakukan secara mendadak tanpa rencana atau persiapan yang matang. Tapi hal ini tentu saja akan berisiko, di mana semuanya berjalan tidak sesuai keinginan dan harapan. Terlebih banyak sekali yang berllibur di penghujung tahun.

Tentu saja Anda tidak menginginkannya bukan? Itulah sebabnya perencanaan itu dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, liburan itu membutuhkan biaya yang besar sehingga kadang Anda pusing untuk memikirkan dana untuk liburan. Tetapi dengan merencanakan liburan dengan baik, akan ampuh untuk menghemat biaya yang akan dikeluarkan saat liburan.

Untuk menghadapi liburan akhir tahun kali ini kami coba sajikan beberapa tips yang dapat berguna untuk liburan yang sempurna, simak tipsnya.

1.    Tentukan Destinasi

Tentukan tempat liburan yang akan dikunjungi, apakah tempat tersebut berada di dalam kota, di luar kota, atau di luar negeri atau bahkan Anda berencana untuk mencoba semuanya?

Coba pikirkan dengan matang mengenai destinasi liburan, juga jangan lupa untuk menetapkan berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk liburan kali ini. Karena hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui berapa besaran budget yang dibutuhkan nanti.

2.    Biaya Transportasi

Mulailah untuk menghitung berapa jarak tempuh dari kota Anda ke tempat tujuan liburan. Semakin jauh jarak tempuh biasanya akan sangat mempengaruhi besarnya biaya transportasi.

Jika destinasi yang dipilih berada di dalam kota dan dekat dengan kota tempat tinggal, maka Anda bisa dengan mudah menekan biaya yang hendak dikeluarkan.

Namun jika destinasi liburan yang dipilih berada di luar kota atau di luar negeri, pastikan Anda telah memesan tiket untuk transportasi dari jauh-jauh hari.

Manfaatkan juga promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan atau situs penyedia layanan untuk pembelian tiket penerbangan.

Jika ingin pergi dengan kendaraan pribadi, hitung berapa kira-kira akan mengeluarkan biaya untuk membeli bensin.

3.    Biaya Penginapan

Biaya yang Anda keluarkan saat liburan tidak pernah lepas dari biaya penginapan. Terlebih lagi jika destinasi liburan Anda berada di luar kota atau luar negeri.

Jangan mencari hotel di tempat-tempat populer atau hotel yang berada di jantung kota karena biaya yang akan dikeluarkan nantinya akan semakin besar.

Perluaslah jaringan pencarian hotel, dan perhatikan fasilitas apa saja yang nantinya akan didapatkan sewaktu menginap.

Pilihlah hotel dengan fasilitas terbaik, misalnya tersedianya sarapan pagi atau wifi dan lain sebagainya.

Jika jumlah anggota yang pergi berlibur banyak, tidak ada salahnya jika Anda langsung memesan apartemen, guest house, atau dorm sehingga keluarga lebih leluasa dan pastinya untuk menghemat biaya.

4.    Biaya Makan

Saat liburan, biaya yang Anda keluarkan tidak pernah lepas dari biaya makan. Manfaatkan fasilitas sarapan pagi gratis dari hotel yang Anda sewa untuk menekan biaya pengeluaran.

Namun jika Anda memilih apartemen atau guest house, hal ini dapat disiasati dengan membeli bahan makanan mentah di supermarket atau pasar terdekat.

Dengan ini, tingkat kebersamaan anggota keluarga dapat semakin terasa dan ada kehangatan yang dirasakan didalamnya saat liburan.

Jangan biasakan untuk makan di hotel atau tempat elit sewaktu liburan, karena hal tersebut akan membuat pengeluaran membengkak seketika.

5.    Oleh-oleh

Liburan rasanya kurang afdol jika tidak membawa oleh-oleh sewaktu pulang dari tujuan wisata liburan. Belilah oleh-oleh secukupnya saja untuk teman atau kerabat kerja. Jangan beli oleh-oleh berlebihan karena akan hanya membuang-buang uang.

6.    Menabung

Terlepas dari poin-poin di atas, mulailah untuk mengajak anggota keluarga untuk mulai menyisihkan sebagian dari uangnya untuk ditabung. Menabunglah secara rutin setiap bulannya.

Semoga tips ini dapat membantu Anda mewujudkan rencana liburan yang memuaskan.

Be the first to comment on "Siapkan Keuangan Liburan Akhir Tahun"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*