Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kapolri Libatkan Densus 88 Amankan Natal Dan Tahun Baru

Kapolri Jendral Tito Karnavian

Navigasinews – Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap peringatan Natal 2016 dan tahun baru 2017 berjalan aman dan kondusif. Untuk itu, orang nomor satu di jajaran kepolisian tersebut telah mempersiapkan pengamanan, termasuk mewaspadai adanya teror.

“Kami akan fokuskan pengamanan tempat ibadah pada Natal dan tahun baru nanti,” kata Kapolri di Polda Sumut, Sabtu (10/12/2016).

Salah satu upaya pengamanan, kata Tito, dengan menurunkan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror yang disiagakan disejumlah gereja. Mereka nantinya akan mensterilisasi seluruh areal gereja sebelum digunakan untuk ibadah.

“Pengamanan melekat pada gereja-gereja tentu ada. Nanti, Pak Kapolda Sumut yang mengatur ini. Tim Densus juga akan hadir,” ujar Tito.

Tito mengakui, Sumatera Utara memang menjadi salah satu daerah yang dipantau kepolisian, karena masih ada jaringan teroris yang berpaham radikal.

“Untuk kasus (penyerangan) gereja, pelakunya lebih banyak melakukan tindakan lone wolf. Mereka bergerak sendiri, belajar sendiri dari internet,” ucap dia.

Jaringan seperti inilah yang sulit dideteksi oleh pihak kepolisian. Sebab, mereka tidak memiliki jaringan khusus yang biasanya berkumpul di suatu tempat.

“Untuk mereduksi pemahaman radikal ini agar tidak menyebar, itulah perlunya merangkul tokoh agama dan ulama. Turut pula mengajak berdialog TNI dan pemerintah daerah,” terang Tito.

Be the first to comment on "Kapolri Libatkan Densus 88 Amankan Natal Dan Tahun Baru"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*