Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Cegah Aksi Teror, Polri Kembali Tunjukkan Keberhasilan

Hendardi, Ketua Setara Institute

Navigasinews- Kepolisian Republik Indonesia semakin menunjukan kesuksesannya dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Langkah tersebut ditunjukkan Polri setelah pihaknya mampu mengantisipasi tindakan teror yang dilakukan sejumlah orang.

Polri diyakini mampu mengimplementasikan doktrin Preventive Justice secara efektif dalam pencegahan tindak pidana terorisme, Meskipun dibatasi dengan UU Antiterorisme. Hal ini dikatakan oleh Ketua Setara Institute, Hendardi.

Hendardi menilai, upaya pencegahan terorisme yang dilakukan Polisi dengan penangkapan sejumlah orang yang berencana melakukan teror di Bekasi, Senin (10/12/2016) patut diapresiasi.

“Tindakan pencegahan tersebut adalah prestasi yang pantas diapresiasi dan sekaligus membuktikan dua hal,” ujarnya, Minggu (11/12).

Dua hal yang dibuktikan, pertama ancaman radikalisme dan terorisme terus terjadi dengan eskalasi yang meningkat. Kedua, Polri telah menjalankan perannya sebagai aparat keamanan yang mampu mencegah terjadinya kekerasan lebih luas. Sebagai aparat hukum, Polri mampu bekerja dalam kerangka sistem peradilan pidana, yang memandang bahwa terorisme adalah kejahatan dan ancaman keamanan bukan sebagai ancaman pertahanan negara, yang harus diatasi dengan doktrin perang yang represif.

Untuk mengatasi penyebaran radikalisme yang semakin luas, Menurut Hendardi, Kepolisian harus selalu siap untuk menangani setiap aksi intoleransi. Karena sikap intoleran tidak layak untuk ditolerir.

“Artinya, pencegahan dan penanganan terorisme yang genuine harus dimulai dengan tidak kompromi pada aksi-aksi intoleransi sebagai bibit dari terorisme,” pungkasnya.(GS)

Be the first to comment on "Cegah Aksi Teror, Polri Kembali Tunjukkan Keberhasilan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*